Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 12 April 2024
home wirausaha syariah detail berita

Halal Center, Upaya Pemerintah Dorong Perkembangan Industri Halal

mahmuda attar hussein Jum'at, 14 Januari 2022 - 12:00 WIB
Halal Center, Upaya Pemerintah Dorong Perkembangan Industri Halal
Wakil Presiden Makruf Amin saat meresmikan Halal Center UTM, Bangkalan, Madura. Foto: Setwapres
skyscraper (Desktop - langit7.id)
Langit7, Bangkalan - Gaya hidup masyarakat yang semakin membutuhkan kepastian hukum, menjadi salah satu alasan pemerintah gencar mendorong perkembangan industri halal.

Dalam Islam, ummat dianjurkan untuk mengonsumsi produk yang terjamin kehalalannya serta tayib. Tidak hanya soal makanan dan minuman, tapi juga kosmetik, fesyen, pariwisata, dan lainnya.

Baca juga: Wapres Dorong Perguruan Tinggi Jadi Agen Literasi Sertifikasi Halal

Untuk itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendukung lahirnya Halal Center sebagai upaya mendorong pertumbuhan produk halal. Di mana dia baru saja meresmikan Halal Center Universitas Trunojoyo Madura (UTM), yang diharapkan dapat meningkatkan gaya hidup halal masyarakat Madura untuk semakin berkembang.

“Gaya hidup Islami yang mengakar kuat di tengah masyarakat, tentu menjadi awalan yang baik untuk upaya percepatan halal lifestyle secara lebih luas,” kata dia dalam keterangannya, saat meresmikan Halal Center UTM, Bangkalan, Kamis (13/01).

Menurutnya, produk halal memang menjadi bagian dari perintah agama dan tatanan kehidupan bagi ummat Islam. Dalam hal ini, kehalalan suatu produk dapat mencakup sifat, zat, maupun prosesnya.

“Seluruh aspek halal tersebut telah menjadi faktor pertimbangan masyarakat muslim global dalam memilih produk yang berkualitas,” ujarnya.

Baca juga: Kerja Sama Internasional, BPJPH Perkuat Sistem Sertifikasi Halal

Ma'ruf berharap, industri produk halal dapat terus dikembangkan, terutama di Madura. Apalagi, struktur ekonomi Kabupaten Bangkalan turut berkontribusi terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), khususnya sektor pertanian sebesar 25 persen.

Namun, kontribusi sektor industri terhadap PDRB Kabupaten Bangkalan saat ini masih kecil, yakni sekitar 2,5 persen. Di mana kontribusi terbesarnya sekitar 38 persen diperoleh dari industri pengolahan makanan dan minuman.

“Artinya, kebutuhan terbesar dalam rangka memenuhi sertifikasi halal produk nantinya berasal dari sektor makanan dan minuman,” jelasnya.

Selain itu, pengembangan industri di Pulau Madura diharapkan dapat menempatkan masyarakatnya sebagai subjek pembangunan, salah satunya dengan bertumpu kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sebelumnya, Rektor UTM Muhammad Syarif menyebutkan, inisiasi pembangunan Halal Center UTM dimulai sejak 2018. Hal itu didasari dari hasil laporan penelitian yang menunjukkan adanya keprihatinan atas produk ekonomi yang belum menerapkan prinsip kehalalan dengan baik dan benar.

“Hal ini sangat memprihatinkan apalagi penduduk Madura yang mayoritas beragama Islam dan memegang teguh keyakinannya dalam kehidupan sehari-hari tidak mendapatkan perlindungan hukum yang layak,” ungkapnya.

Baca juga: Sinergi BPJPH dengan Pemprov Jatim Dorong Ekosistem Halal

Sebagai informasi, Halal Center UTM telah memiliki Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang terdiri dari 34 auditor, 20 penyelia, dan pendamping 140 orang, di mana semuanya telah bersertifikat.

“Kami juga sudah memiliki laboratorium pengujian halal. Potensi komoditas garam, jagung, rempah, sapi, dan pariwisata akan kami jadikan inisiasi lokasi pengembangan (produk) halal,” ujarnya.

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 12 April 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan