Sudah saatnya pelaku usaha beradaptasi dengan transformasi digital. Alasannya, saat ini semua kebutuhan dan kegiatan masyarakat bergantung pada internet, termasuk transaksi jual-beli.
Selain marketplace, platform media sosial juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari strategi pemasaran. Salah satu yang terbaru adalah platform digital untuk promosi barang dan jasa, yaitu TikTok.
Ada beberapa alasan yang menjadikan platform baru ini penting bagi pelaku usaha untuk melakukan promosi. Seperti pada postingan instagram @ydba_astra, TikTok telah menjadi aplikasi terpopuler dengan jumlah unduhan global mencapai dua miliar, di mana pengguna Tiktok Indonesia juga turut meningkat.
Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai media periklanan mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan.
Berbasis Mobile dan Mudah DiaksesBerbasis mobile di sini berarti Tiktok merupakan aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan pada ponsel pintar. Saat ini pelaku usaha dalam tren digital juga bergantung pada ponsel pintarnya untuk menjalankan sebuah usaha, sehingga konten untuk iklan dan promosi bisa dapat dengan mudah diakses dan digunakan oleh orang banyak.
Prospek Pengembangan BisnisDari unduhan secara global mencapai dua miliar, diikuti dengan meningkatnya pengguna di Indonesia, menjadikan TikTok memiliki audiens yang luas. Pelaku UMKM perlu mempertimbangkan hal ini untuk menggunakan platform TikTok sebagai sarana promosi mereka.
Selain itu, dengan menggunakan TikTok sebagai media promosi sedari awal, akan mengungguli para kompetitor yang belum memanfaatkan TikTot sebagai sarana promosi. Sehingga dapat membangun audiens lebih dahulu sebelum kedatangan kompetitor dan persaingan ketat yang ada di platform digital.
Konten AutentikDalam hal ini berkenaan dengan konten kreatif yang dihadirkan oleh para pelaku usaha. Seperti memberikan konten yang dapat mendorong kesadaran terhadap sebuah merek.
Sehingga diharapkan akan menciptakan branding yang positif terhadap sebuah produk maupun toko. Dengan memberikan deskripsi yang baik melalui konten kreatif, dapat memperkuat legitimasi UMKM itu sendiri, terlebih jika dapat menonjolkan sesuatu yang unik dan beda dari yan
(zul)