Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home wirausaha syariah detail berita

Tiga Manfaat Pelaku UMKM Pakai TikTok

mahmuda attar hussein Selasa, 03 Agustus 2021 - 13:44 WIB
Tiga Manfaat Pelaku UMKM Pakai TikTok
Ilustrasi pelaku usaha yang harus kreatif memasarkan produknya lewat Tik Tok. Foto: Langit7/antara
skyscraper (Desktop - langit7.id)
Sudah saatnya pelaku usaha beradaptasi dengan transformasi digital. Alasannya, saat ini semua kebutuhan dan kegiatan masyarakat bergantung pada internet, termasuk transaksi jual-beli.

Selain marketplace, platform media sosial juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari strategi pemasaran. Salah satu yang terbaru adalah platform digital untuk promosi barang dan jasa, yaitu TikTok.

Ada beberapa alasan yang menjadikan platform baru ini penting bagi pelaku usaha untuk melakukan promosi. Seperti pada postingan instagram @ydba_astra, TikTok telah menjadi aplikasi terpopuler dengan jumlah unduhan global mencapai dua miliar, di mana pengguna Tiktok Indonesia juga turut meningkat.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha sebagai media periklanan mereka. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Berbasis Mobile dan Mudah Diakses

Berbasis mobile di sini berarti Tiktok merupakan aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan pada ponsel pintar. Saat ini pelaku usaha dalam tren digital juga bergantung pada ponsel pintarnya untuk menjalankan sebuah usaha, sehingga konten untuk iklan dan promosi bisa dapat dengan mudah diakses dan digunakan oleh orang banyak.

Prospek Pengembangan Bisnis

Dari unduhan secara global mencapai dua miliar, diikuti dengan meningkatnya pengguna di Indonesia, menjadikan TikTok memiliki audiens yang luas. Pelaku UMKM perlu mempertimbangkan hal ini untuk menggunakan platform TikTok sebagai sarana promosi mereka.

Selain itu, dengan menggunakan TikTok sebagai media promosi sedari awal, akan mengungguli para kompetitor yang belum memanfaatkan TikTot sebagai sarana promosi. Sehingga dapat membangun audiens lebih dahulu sebelum kedatangan kompetitor dan persaingan ketat yang ada di platform digital.

Konten Autentik

Dalam hal ini berkenaan dengan konten kreatif yang dihadirkan oleh para pelaku usaha. Seperti memberikan konten yang dapat mendorong kesadaran terhadap sebuah merek.

Sehingga diharapkan akan menciptakan branding yang positif terhadap sebuah produk maupun toko. Dengan memberikan deskripsi yang baik melalui konten kreatif, dapat memperkuat legitimasi UMKM itu sendiri, terlebih jika dapat menonjolkan sesuatu yang unik dan beda dari yan

(zul)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan