alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home wisata halal detail berita

Waspadai Travel Haji dan Umrah Abal-Abal, Yuk Cek Lebih Dulu

mahmuda attar hussein Ahad, 12 Juni 2022 - 13:05 WIB
Waspadai Travel Haji dan Umrah Abal-Abal, Yuk Cek Lebih Dulu
Ilustrasi keberangkatan jamaah haji asal Indonesia. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Umat Islam harus mewaspadai travel haji dan umrah abal-abal. Karena itu perlu dicek lebih dulu jasa pelayanannya agar bisa terhindar dari dugaan kasus penipuan.

Tips memilah-milih travel haji dan umrah ini tentu sangat berguna di masa mendatang. Jangan sampai tujuan untuk ibadah haji malah berujung merugi karena kurang waspada.

Berikut tips memilih travel haji dan umrah yang sudah Langit7 rangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Travel Haji di Inggris Terancam Gulung Tikar Akibat Aturan Baru Saudi

1. Travel terdaftar di Kemenag

Bagi Sahabat Langit7 yang ingin mendaftar haji atau umrah harus memastikan travel yang dipilih terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag).

Untuk mengeceknya bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya, pemerintah telah meluncurkan aplikasi Umroh Cerdas yang memungkinkan jemaah untuk bisa melihat legalitas agen travel.

2. Periksa alamat kantor travel

Agar terhindar agen travel abal-abal, jemaah juga harus memastikan bahwa kantor fisik dari travel tersebut memang memiliki wujud dan bisa dikunjungi.

Hal itu mesti dilakukan guna menghindari kantor yang tak memiliki wujud fisik. Jadi, jangan asal memutuskan untuk melakukan berbagai komunikasi dan transaksi secara online saja.

3. Cek rekam jejak

Travel haji dan umrah yang baik akan memiliki rekam jejak yang baik pula. Pastikan travel tersebut tidak pernah terlibat sebuah kasus penipuan atau menunda keberangkatan jemaah karena alasan yang tidak jelas.

Kalaupun pernah menunda jemaah, amati pula cara mereka menghadirkan solusi akan masalah tersebut. Tentu saja solusi yang diinginkan adalah dengan tidak memberikan kerugian kepada jemaah, khususnya terkait biaya.

Dengan mengetahui rekam jejak, bisa menjadi tolok ukur kredibilitas sebuah travel. Sehingga bisa memberikan gambaran bahwa travel tersebut memberikan pelayanan yang memuaskan bagi jemaah.

4. Jangan tergiur biaya murah

Karakter buruk jemaah Indonesia adalah sangat mudah tergiur dengan biaya atau harga murah. Padahal, travel yang memberikan paket perjalanan murah patut dicurigai.

Tentu saja Sahabat tidak mau kan setelah membayar biaya paket yang murah malah terjerumus dalam kasus penipuan dan menjadi korbannya. Selain itu, pastikan fasilitas yang akan didapatkan ketika memilih paket travel murah tersebut.

Masih dalam urusan biaya, jemaah juga harus bisa memastikan cara pembayaran dari travel tersebut. Sebab, jemaah biasanya akan diarahkan untuk membayar dengan atas nama perusahaan, bukan perseorangan.

5. Keterbukaan fasilitas dan layanan

Travel haji dan umrah yang baik pasti akan terbuka terkait fasilitas yang akan diberikan kepada jemaah. Fasilitas ini juga akan bergantung pada biaya paket perjalanan.

Dengan begitu, jemaah dapat mengetahui mana saja fasilitas yang ditanggung travel dan yang harus ditanggung sendiri. Jadi pastikan Sahabat mengetahui fasilitas ini agar nantinya tidak kecewa saat sudah mendaftar.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan