LANGIT7.ID - , Jakarta - Banyak aspek yang perlu diperhatikan pelaku bisnis saat akan membangun usaha agar dapat bertahan. Kunci utama dari kesuksesan mempertahankan bisnis adalah kepuasan
pelanggan terhadap kualitas produk dan pelayanan.
Kedua aspek tersebut kerap mendorong para pemilik bisnis untuk lebih cermat dan jeli dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pelanggannya, termasuk dalam hal bertransaksi.
Melalui unggahan video di akun Instagramnya @alabisyir, Najla Bisyir, Pemilik Usaha Kue
Bittersweet by Najla, membagikan tiga tips jitu memaksimalkan kepuasan pelanggan dari berbagai aspek.
Baca juga: Makanan Terbaik Dunia, Muslimah Ini Sukses Bisnis Kuliner Soto
Kenali kebutuhan dan ketertarikan pelanggan
Sebagai pelaku bisnis, memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen melalui riset pasar menjadi landasan penting dalam mempertahankan sebuah bisnis.
“Cari tahu apa yang sedang tren, apa yang banyak dicari dan disukai masyarakat, setelah itu lihat seberapa besar peluangnya untuk dikembangkan," kata Najla.
Najla mengaku mencoba berkreasi dari tren yang sedang populer di masyarakat dengan menghadirkan varian rasa yang beragam tetapi tetap tepat sasaran.
"Dengan berbagai varian yang ada, tentunya perlu untuk terus mempertahankan kualitas produk sebagai prioritas utama agar produk yang kita jual dapat memberikan kesan positif di hati para pelanggan,” jelas Najla.
Konsisten dalam memberikan promo spesial
Ketika sudah memahami kebutuhan pelanggan dan menciptakan produk yang sesuai dengan target pasar, memberi promo menarik juga dapat menjadi kunci menjaga kepuasan pelanggan. Hal itu pun diakui Najla selama ia menjalankan bisnisnya.
“Pelanggan biasanya cenderung mencari banyak cara untuk bisa menghemat uang mereka. Sehingga mereka lebih memilih berbelanja di tempat yang memberikan penawaran yang tidak hanya menarik, tapi juga terbaik bagi mereka," katanya.
Bagi Najla, promo juga bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan transaksi penjualan dan dapat meningkatkan kesetiaan para pelanggan terhadap produk.
Baca juga: Tips Jalankan Bisnis Kuliner Pascapandemi
Hadirkan kemudahan dan keuntungan dalam bertransaksi
Dalam memberikan kepuasan yang maksimal bagi pelanggan, tidak ada aspek yang tidak penting untuk diperhatikan.
Pelaku usaha pun harus jeli dalam mengambil kesempatan menghadirkan kemudahan dan keuntungan bagi pelanggannya. Salah satunya memaksimalkan layanan transaksi digital.
“Hingga saat ini, pelanggan kami masih banyak yang melakukan transaksi melalui metode transfer," kata Najla.
(est)