Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Selain Lucu dan Bikin Gemas, Kucing Juga Jadi Pelindung Bahaya

Fifiyanti Abdurahman Sabtu, 20 Agustus 2022 - 09:02 WIB
Selain Lucu dan Bikin Gemas, Kucing Juga Jadi Pelindung Bahaya
Ilustrasi. Foto: Langit7/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, - Jakarta - Kucing merupakan salah satu hewan kesayangan Rasulullah SAW. Selain lucu dan menggemaskan, kucing juga termasuk hewan bersih yang terbebas dari najis.

Menurut seorang Da’i dan ahli tafsir Al-Qur’an di Indonesia Ustaz Amir Faishol Fath atau Abi Amir, kucing termasuk binatang yang Allah ciptakan untuk membangun keseimbangan dan keamanan di rumah.

Baca juga: Siksa Kucing Undang Murka Allah, Sayangi Kucing Dapat RahmatNya

"Terkadangkan rumah diganggu tikus atau hewan lainnya yang membahayakan, nah dengan adanya kucing tuan rumah dapat mendapatkan perlindungan," ujar Abi Amir dikutip dari kanal YouTube deHakims, Sabtu (20/8/2022).

Sebab, lanjut dia kucing memiliki jiwa seperti harimau. Namun jika harimau buas dan memangsa, sebaliknya kucing adalah hewan jinak di rumah. Tetapi keduanya memiliki kesamaan dalam cara bertarung.

Lebih lanjut, Abi Amir mengatakan kucing merupakan salah satu hewan ciptaan Allah yang tidak berbahaya dan jika memeliharanya maka rumah bisa aman dari marabahaya.

"Kucing termasuk yang hidup bersama kita hidup dan dia tidak membahayakan. Itu salah satu ciptaan Allah yang disediakan untuk membantu kita dari bahaya," tuturnya.

"Ketika kita tidur, jangan- jangan yang menjaga kita adalah binatang peliharaan kita, dan salah satunya kucing," tandas Abi Amir.

Baca juga: 3 Fakta Soal Kucing, Hewan yang Disebut Punya 9 Nyawa

Terlepas dari itu, kucing adala makhluk ciptaan Allah SWT yang harus diperlakukan dengan baik. Bahkan, dalam salah satu hadist menceritakan seorang wanita yang masuk neraka akibat menyiksa kucing selama hidupnya.

Seperti diriwayatkan Imam Bukhari dari Ibnu Umar. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Ada seorang perempuan yang masuk ke dalam neraka karena perkara seekor kucing. (Kucing) itu dia ikat (sampai mati). Dia tidak memberinya makan. Tidak pula membiarkannya lepas sehingga bisa mencari makan sendiri, (sekalipun) serangga-serangga di tanah."

Dari hadist tersebut sudah jelas bagaimana seharusnya kita memperlakukan hewan seperti yang dicontohkan suri tauladan umat Muslim, Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Selamatkan Kucing Liar, Ini 4 Penampungannya di Jabodetabek

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan