Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home global news detail berita

Tawuran di Manggarai Tak Kunjung Usai, Ini Penjelasan Psikolog

Andi Muhammad Selasa, 06 September 2022 - 06:00 WIB
Tawuran di Manggarai Tak Kunjung Usai, Ini Penjelasan Psikolog
Tawuran di Manggarai Tak Kunjung Usai, Ini Penjelasan Psikolog. Foto: Langit7.id/iStock.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Bentrok antar kelompok pemuda atau yang dikenal dengan aksi tawuran bak tradisi yang tak kunjung usai. Seperti yang terjadi bentrokan antar dua kelompok pemuda di daerah Manggarai, Jakarta Selatan, Ahad (4/9/2022) kemarin.

CEO Rumah Konseling, Muhammad Iqbal mengatakan, aksi tawuran biasanya terjadi akibat tingginya angka pengangguran, adanya oknum provokator, dan budaya turun termurun dari senior atau orang-orang terdahulu yang sulit ditinggalkan.

Terkait hal tersebut, Iqbal menuturkan bahwa perlu dicari tahu salah satu penyebab terjadinya bentrokan antar dua kelompok. Lalu memberikan solusi dengan pendekatan-pendekatan tertentu.

"Jadi ada pendekatan-pendekatan yang konstruktif termasuk dengan edukasi termasuk, dengan pembekalan rohani melibatkan tokoh-tokoh masyakarat," kata iqbal saat di wawancara Langit7, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Jangankan Memukul, di Gontor Membuli Saja Bisa Diusir

Lanjutnya, ia menambahkan, tawuran antar remaja kerap terjadi karena faktor komformitas. Seperti mendapatkan pengakuan dan eksistensi dari lingkungan pergaulan para pelaku tawuran.

"Maka perlu ada pendampingan psikologi, pembinaan, dan yang terpenting adalah peran orang tua dan keluarga yang menjadi salah satu elemen penting untuk diperkuat," jelasnya.

Ia juga menyampaikan, solusi yang efektif untuk meminimalisir terjadinya aksi tawuran, yakni dengan membina para pelaku dengan hal-hal yang positif sebagai kegiatan produktif agar anak-anak tidak terlibat aksi tawuran.

"Yang pertama lingkungan itu penting, bagaimana anak-anak ini dipertemukan dengan kelompok-kelompok yang positif. Apakah kelompok olahraga, kelompok seni sehingga mereka memiliki sebuah figur termasuk dengan pembinaan agama," ujarnya.

Baca Juga: Kenaikan Harga BBM Cerminkan Lemahnya Pemerintah Awasi Distribusi

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan