Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home lifestyle muslim detail berita

Agar Doa Terkabul Lakukan Dua Hal Sederhana Ini

Fifiyanti Abdurahman Selasa, 13 September 2022 - 07:36 WIB
Agar Doa Terkabul Lakukan Dua Hal Sederhana Ini
Ilustrasi. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Semua umat Islam memimpikan doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan. Namun, ada kalanya hal tersebut tidak terjadi.

Nah, bagi Anda yang juga mengalami demikian, maka bisa coba lakukan dua hal yang disarankan oleh ulama asal Arab Saudi, Syekh Abdulrazzaq Al-Badr agar doa Anda mustajab.

Menurut Syekh Abdulrazzaq hal pertama yang harus dilakukan adalah bersedekah sebelum berdoa. Salah satu keutamaan bersedekah adalah memadamkan kemurkaan Allah SWT.

Baca juga: Hukum Mengkhususkan Sujud Terakhir untuk Berdoa, Ini Kata Ulama

Dari Mu’awiyah bin Haidah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya sedekah secara rahasia bisa meredam murka Rabb [Allah] tabaroka wa ta’ala.” (HR. ath-Thabrani dalam al-Kabir, lihat Shahih at-Targhib [1/532]).

"Dan memberikan sedekah adalah salah satu sebab dikabulkannya doa," ujar Syaikh Abdulrazzaq dikutip dari YouTube Yufid TV, Selasa (13/9/2022).

Kemudian, berdoa sembari memuji Allah SWT dengan menyebut asmaul husna. Sebelum meminta atau berdoa, sudah sepatutnya bagi kita untuk mengawalinya dengan berdzikir pada Allah dan bershalawat pada Nabi.

Sebagaimana diriwayatkan Abi Dawud dan selainnya, dari Anas, bahwa Nabi SAW mendengar seseorang berkata di dalam doanya, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu bahwa sesungguhnya segala pujian hanya milik-Mu, tiada sembahan yang benar kecuali Engkau, Yang Maha Pemberi karunia, Pencipta langit dan bumi, wahai Yang Maha Memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri."

Baca juga: Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat, Siap Waktu Setelah Ashar

Maka Nabi SAW berkata, "Sesungguhnya kau telah berdoa kepada Allah dengan namanya yang paling Agung yang apabila seseorang berdoa dengan yang apabila seseorang berdoa dengannya niscaya dikabulkan dan apabila meminta dengan saya akan diberi." (HR . Tirmidzi)

"Sehingga apabila seorang muslim memperhatikan doa semacam ini, maka hampir-hampir doanya tidak akan tertolak ketika dia jujur, menghadapnya, memohon padanya dan meminta pertolongan kepada Allah SWT," pungkasnya.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan