Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home global news detail berita
Muktamar XIV Persatuan Islam

Galakkan Transformasi Gerakan Dakwah, Muktamar Persis Dihadiri 1.250 Peserta

Muhajirin Sabtu, 24 September 2022 - 18:05 WIB
Galakkan Transformasi Gerakan Dakwah, Muktamar Persis Dihadiri 1.250 Peserta
Muktamar ke-16 Persatuan Islam (Persis) di Bandung, Sabtu (24/9/2022) (foto: LANGIT7.ID/Muhajirin)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Bandung - Persatuan Islam (Persis) resmi membuka Muktamar ke-16 di Hotel Sutan Raja Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (24/9/2022). Muktamar tersebut sejatinya digelar pada 2020 lalu, namun tertunda lantara Covid-19 mewabah di Tanah Air.

Ada sekitar 1.250 peserta yang hadir dalam acara tersebut. Sebanyak 650 orang dari Persis dan 600 orang dari Persatuan Islam Istri (Persistri).

Muktamar tersebut menitikberatkan pada pembahasan transformasi gerakan dakwah Persis untuk mewujudkan Islam rahmatan lil-alamin dalam bingkai NKRI. Itu merupakan spirit perjuangan dakwah yang sejak awal dilakukan oleh Persis.

Baca Juga: Ketum Persis: Ulama dan Ormas Islam Harus Bela Kepentingan Umat agar Tak Ditinggalkan

“Selain itu, bingkai NKRI merupakan bagian implementasi yang telah dilakukan oleh tokoh Persis terdahulu, M. Natsir dengan mosi integralnya,” kata Ketua OC Muktamar XVI Persis, Dr Haris.

Dalam pembukaan Muktamar, ragam kesenian ditampilkan seperti kreasi paduan suara STAI Persis Bandung dan group Angklung Ansambel dari PPI 31 Banjaran. Selain penampilan kesenian, ada banyak kejutan yang terjadi dalam gelaran acara tersebut.

Di antaranya kehadiran presenter, Irfan Hakim. Dia duduk di barisan kedua para peserta. Tampak mengenakan batik coklat, Irfan berhasil mencuri perhatian para peserta saat menyampaikan sepatah-kata di selah-selah acara.

Menurut Irfan, Muktamar Persis mengingatkan pada perjuangan sang ayah, alm H Rosyid Sukarya yang pernah menjabat sebagai Bendahara PP Persis. Atas dasar itu, dia tak segan menyebut dirinya sebagai keluarga besar Persis.

Baca Juga: Irfan Hakim: Saya Bagian dari Keluarga Besar Persatuan Islam

“Di sini keluarga besar saya semua, saya lahir dari keluarga Persis dan persistri, saat diundang saya sekeluarga hadir,” kata Irfan.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaku bangga dan mendukung Muktamar tersebut. Terlebih, acara yang akan digelar sampai Senin, 26 September itu diadakan di Jawa Barat.

“Tentu bangga, Jawa Barat dijadikan tuan rumah untuk Muktamar XVI Persatuan Islam, mengingat asal-usul Persis Lahir di Tanah Priangan, Tanah Pasundan,” ujar Ridwan Kamil.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Masjid di Jawa Barat Jadi Tempat Berantas Rentenir

Salah satu bentuk dukungan Ridwan Kamil adalah menghibahkan tanah agar dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat melalui Persis.

“Daripada ada tanah negara yang nganggur, mubazir, lebih baik diberikan untuk kemajuan umat di Jawa Barat. Tugas Gubernur memimpin untuk memudahkan urusan rakyatnya,” kata Ridwan Kamil.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan