alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home community detail berita

YBM PLN Buka Program Call for Social Innovation untuk Komunitas

Andi Muhammad Kamis, 03 November 2022 - 22:40 WIB
YBM PLN Buka Program Call for Social Innovation untuk Komunitas
Bangun Potensi Desa, YBM PLN Buka Program Call for Social Innovation. Foto: Dok YBM PLN.
LANGIT7.ID, Jakarta - Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) mengadakan sebuah program baru, yakni Call for Social Innovation (CSI) 2022 dengan tema 'Inovasi sosial untuk pemberdayaan umat'. Program ini bertujuan untuk mencari potensi terbaik dari desa-desa di seluruh Indonesia yang berfokus pada enam ruang lingkup.

Ketua YBM PLN, Iskandar mengatakan, Indonesia kini tengah berada dalam kondisi pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19. Karena itu, YBM PLN hadir di tengah masyarakat dengan misi menjadi konektor kebaikan untuk bisa memberdayakan mustahik menjadi muzakki.

"Spesifikasi fokus kepada enam ruang lingkup, yaitu pertanian, peternakan, perikanan, home industry, nelayan, dan masyarakat pesisir serta industri kreatif. semua peserta dipersilakan memilih salah satu di antara keenam pilihan itu," ujar Iskandar dalam keterangan tertulis yang diterima Langit7.id, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: YBM PLN Bangun Kemandirian Pesantren dengan Amal Usaha

Ia menjelaskan, upaya ini untuk memertahankan pertumbuhan ekonomi agar terus tumbuh di atas lima persen. Salah satunya melalui upaya pengembangan ekonomi kreatif yang riil di masyarakat serta mendorong potensi desa sebagai secercah cahaya yang akan terus berkembang," jelasnya.

Rencananya, 15 komunitas atau lembaga telah terpilih akan mendapatkan bantuan dana zakat dari YBM PLN. Ditujukan untuk pendanaan program pemberdayaan mustahik berbasis potensi lokal dan dimaksimalkan untuk usaha produktif yang terukur serta bermanfaat secara luas.

"Penting untuk diingat bahwa sumber dana utama adalah dari dana zakat, maka program pemberdayaan yang diusulkan juga haruslah memenuhi salah satu di antara delapan asnaf zakat," ujarnya.

Baca Juga: Komisi VIII DPR Usulkan Revisi UU Pengelolaan Zakat Masuk Prolegnas

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan