Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home global news detail berita

Waspada Ancaman Krisis, DPR: Optimalkan Program Ketahanan Pangan

ummu hani Sabtu, 05 November 2022 - 20:50 WIB
Waspada Ancaman Krisis, DPR: Optimalkan Program Ketahanan Pangan
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin). (Foto: DPR)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Abdul Muhaimin Iskandar, mengingatkan pemerintah untuk mengoptimalkan program ketahanan pangan nasional. Langkah itu guna mengantisipasi krisis pangan yang mengancam sejumlah negara.

Pria yang akrab disapa Gus Muhaimin itu mengatakan dunia saat ini masih dihantui krisis pangan akibat perang Rusia dan Ukraina. Hal itu belum ditambah kekhawatiran krisis pangan dapat memicu gerak inflasi, termasuk bagi Indonesia lantaran distribusi komoditas terhambat.

"Sebentar lagi kita akan masuk 2023 yang akan sangat menantang terutama persoalan ketahanan pangan. Menghadapi ancaman krisis pangan global maka memperkuat ketahanan pangan harus menjadi prioritas utama," kata Gus Muhaimin dalam keterangannya, Sabtu (5/11/2022).

Baca Juga: Solusi Hadapi Anomali Iklim dan Kelangkaan Pangan

Politisi Partai Keadilan Bangsa (PKB) itu juga menyoroti realisasi serapan anggaran ketahanan pangan yang dirasa belum optimal. Rendahnya serapan anggaran ketahanan pangan menjadi persoalan lain yang perlu disikapi tegas oleh pemerintah.

"Saya heran juga realisasi anggaran ketahanan pangan masih rendah, baru mencapai 40,7 persen per 30 September 2022. Ini perlu ketegasan Pemerintah menggenjot belanja anggaran ketahanan pangan," ujarnya.

Gus Muhaimin menilai penambahan anggaran ketahanan pangan hingga Rp95 triliun pada 2023 sebagai keputusan tepat dalam mendorong ketersediaan, akses hingga peningkatan kualitas pangan. Meski begitu, setiap pemangku kebijakan diimbau mengoptimalkan dana tersebut demi tercapainya program ketahanan pangan nasional.

Baca Juga: UBN: Ancaman Krisis Pangan Harus Terus Dimitigasi

"Satu sisi penambahan anggaran ketahanan pangan sampai Rp 95 triliun bagus, tapi di sisi yang lain komitmen pemerintah pusat maupun daerah harus seiring dengan semangat mewujudkan ketahanan pangan nasional. Dengan begitu saya optimis Indonesia kuat dan bebas dari ancaman krisis pangan," ucapnya.

Selain itu, Gus Muhaimin juga mengingatkan komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna meningkatkan ketahanan pangan nasional dalam menghadapi ancaman krisis pangan global. Gus Muhaimin menyatakan komitmen itu bisa terealisasi dengan baik apabila setiap kementerian dan lembaga terkait bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan nasional.

"Pak Jokowi berulang kali menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan produksi dan menjamin ketercukupan pangan dalam negeri. Ini yang harus dipegang oleh setiap kementerian dan lembaga. Semua perlu berjalan beriringan agar ketahanan pangan kita betul-betul terealisasi," tuturnya.

Baca Juga:

4 Langkah Teknis Antisipasi Krisis Pangan

Keadilan Konstitusional dan Penanganan Krisis Berjalan Seiring


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan