Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

MTs N1 Banjarnegara Sabet 4 Medali Perak di Ajang ISIF 2022

arif purniawan Selasa, 08 November 2022 - 19:06 WIB
MTs N1 Banjarnegara Sabet 4 Medali Perak di Ajang ISIF 2022
Tim MTs N1 Banjarnegara memperoleh medali perak di Ajang ISIF 2022 (foto: istimewa)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Banjarnegara - MTs N 1 Banjarnegara (Madtsansa) berhasil menyabet empat medali perak dan empat perunggu di ajang IInternational Science and Invention Fair (ISIF) 2022.

Pengumuman pemenang tersebut disampaikan melalui kanal YouTube Indonesian Young Scientist Association (IYS), Jumat (4/11/2022).

Hasil presentasi tim peneliti telah terbit pada Jumat (4/11) melalui kanal YouTube IYSA Official. Lomba diikuti 614 tim peserta dari 32 negara di dunia, di antaranya dari Malaysia dan Thailand. Setiap tim peserta ini diharuskan memberikan presentasi.

Penelitian yang mendapatkan juara dua, pertama, berjudul Peningkatan Reproduksi Domba Batur Menggunakan Siklus Estrus. Kedua, kajian ayat Alquran tentang lingkungan untuk Penanganan Sedimentasi Waduk Mrica.

Baca juga: JK: Pesantren Tentukan Masa Depan Masyarakat dan Politik Indonesia

Ketiga, gerakan ekofeminisme perempuan melalui perempuan penggat toga di Taman Pulas Desa Sipedang. Kemudian, penelitian keempat yang memenangkan medali perak adalah gerakan sadar pajak melalui tradisi pethuk bayar di Desa Pekandangan Banjarnegara.

MTs Negeri 1 Banjarnegara mengirim delapan tim riset dan berhasil meraih 4 medali perak dan 4 medali perunggu.

Hasil capaian tim riset Madtsansa ini tentu disambut dengan suka cita oleh seluruh keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara termasuk orang tua wali siswa.

“Alhamdulillah…tabarakallah…Allohu Akbar, terima kasih guru pembimbing MTs Negeri 1 Banjarnegara dan kerja sama semua teman-teman Anggitalia Karudishella, Madtsansa Semakin Mendunia!” tulis ibunda dari salah satu siswa kelas VIII di story WhatsApp.

Musfiatul Muniroh, guru pembimbing riset MTs Negeri 1 Banjarnegara mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas capaian seluruh tim asuhannya.

Baca juga: Wapres Resmikan Universitas Darunnajah, Begini Sejarah Kampus Milik Ponpes Darunnajah

“Alhamdulillah, masya Allah…8 tim kita berhasil meraih prestasi di ajang ISIF 2022 ini. Sangat membanggakan berhasil meraih 4 perak dan 4 perunggu. Sebuah capaian yang luar biasa mengingat ini adalah ajang internasional di mana ada 614 tim dari 32 negara yang turut berpartisipasi,” ucap Musfiatul Muniroh.

Eko Widodo, Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara turut menyampaikan apresiasinya atas keberhasilan siswa siswi kelas unggulan riset Madtsansa di ajang ISIF 2022.

“Alhamdulillah terimakasih Bapak Ibu pembimbing riset yang sudah luar biasa berjuang untuk meraih prestasi bagi siswa siswi Madtsansa. Selamat kepada Bapak Ibu pembimbing beserta seluruh siswa kelas unggulan riset Madtsansa,” tulis Eko Widodo di grup Madtsansa, dikutip dari laman Kemenag Jateng.

Muhammad Syafiq El Zafran, ketua dari salah satu tim ISIF Madtsansa yang berhasil meraih medali perak tidak menyangka bisa menyabet medali perak di kejuaraan tersebut.

“Sungguh tidak menyangka meskipun ketika presentasi kami memang bisa menjawab semua pertanyaan juri. Kebetulan 2 juri berasal dari Malaysia sehingga logat bahasa Inggrisnya masih bisa kita tangkap dengan baik. Sebuah pengalaman yang luar biasa,” katanya.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan