alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home community detail berita

Haedar Nashir: Serambi Buya Syafii sebagai Kunci Pembuka Ilmu

Suandri Ansah Jum'at, 11 November 2022 - 16:15 WIB
Haedar Nashir: Serambi Buya Syafii sebagai Kunci Pembuka Ilmu
Haedar Nashir: Serambi Buya Syafii sebagai Kunci Pembuka Ilmu. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - PP Muhammadiyah meresmikan rumah Buya Ahmad Syafii Ma’arif di Sleman menjadi taman literasi Serambi Buya Syafii. Rumah yang dikelola Suara Muhammadiyah (SM) ini berisi koleksi buku dan barang-barang peninggalan Ketua Umum PP Muhammadiyah ke-13.

Rumah Buya Syafii yang diresmikan menjadi serambi literasi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berlokasi di Jalan Halmahera D Nomor 76, Perum Nogotirto Elok 2, Gamping. Peresmian bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November.

”Tempat ini diharapkan juga sebagai wahana bagi anak muda untuk mengenal Buya Syafii dan mengenal dunia melalui koleksi maupun karya Buya yang disimpan di rumah ini,” kata Haedar dalam keterangannya, kemarin (10/11/2022).

Baca Juga: Waketum PBNU: Muhammadiyah Kakak Kandung Kami

Haedar mengatakan, Serambi Buya Syafii sebagai kunci pembuka ilmu, pembuka dunia, dan cakrawala hidup bagi siapapun datang. Buya telah tiada tetapi jejak hidupnya selalu hidup bersama masyarakat.

Buya Syafii, dalam ingatan Haedar merupakan pendidik yang mengajarkan sejarah. Hidup Buya Syafii merupakan sejarah itu sendiri, dari Buya juga Haedar belajar banyak hal terlebih tentang Muhammadiyah.

Pengalaman tersebut didapatkan Haedar sejak dirinya menjabat di PP IPM dan mendampingi Buya Syafii ketika di jajaran pengurus PP Muhammadiyah. Haedar menyebut bahwa sosok Buya Syafii merupakan manusia yang mencintai bangsanya dengan tulus.

“Kita perlu belajar dari perjalanan hidup Buya dan tokoh-tokoh lain, yang kita hanya mengingatnya di ujung ketika sudah berada di cakrawala tertinggi. Tapi orang tidak banyak tahu, dan tidak mau belajar bagaimana merayap dari bawah,” ucapnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan