Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 April 2024
home masjid detail berita

KH Zae Nandang: Masjid Tempat Peningkatan Kualitas Hidup Manusia

Andi Muhammad Rabu, 16 November 2022 - 14:00 WIB
KH Zae Nandang: Masjid Tempat Peningkatan Kualitas Hidup Manusia
KH Zae Nandang: Masjid Tempat Peningkatan Kualitas Hidup Manusia. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Masjid merupakan tempat suci yang digunakan umat muslim sebagai sarana ibadah. Selain itu, Allah juga memerintahkan kepada kaum mukmin untuk bertasbih di masjid, seperti firman-Nya dalam surat An-Nur ayat 36:

فِى بُيُوتٍ أَذِنَ ٱللَّهُ أَن تُرْفَعَ وَيُذْكَرَ فِيهَا ٱسْمُهُۥ يُسَبِّحُ لَهُۥ فِيهَا بِٱلْغُدُوِّ وَٱلْءَاصَالِ

Artinya: Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang.

Berdasarkan tafsir Ibnu Katsir pada ayat di atas, Sekretaris Dewan Hisbah Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PP Persis), KH Zae Nandang menjelaskan, di masjid Allah memerintahkan kepada setiap muslim untuk meninggikan nama-Nya dengan bertasbih di waktu pagi dan sore.

Anggota Majelis Penasihat PP Persis ini menambahkan, Allah akan memberikan cahaya petunjuk bagi setiap mukmin yang bertasbih di masjid. Maka itu, setelah melaksanakan salat hendaknya kita meninggikan nama Allah dengan bertasbih kepada-Nya.

"Di dalam masjid itulah semestinya orang bertambah iman, bertambah kualitas, dan bertambah ilmu. Karena itu masjid adalah tempat meningkatkan kualitas hidup manusia," kata Kiai Zae Nandang dikutip di kanal Persis TV, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Tafsir Surat Al Mu'minun Ayat 91: Bukti Keesaan Allah SWT

Dia menuturkan bahwa masjid merupakan tempat suci yang sangat dicintai Allah SWT. Sebagai tempat ibadah dan mulia, masjid harus diisi dengan hal-hal positif dan Allah melarang perbuatan negatif sekecil apapun di masjid.

"Di masjid itu tempat ibadah kepada Allah dan di masjid tidak boleh ada syirik," jelasnya.

Adapun aturan dan larangan dari Allah ketika memasuki masjid, di antaranya setiap mukmin yang berada di masjid harus dalam keadaan bersih dengan mensucikan diri atau berwudhu. Termasuk menjauhi perkataan yang tidak sepantasnya dilontarkan di masjid sebagai tempat suci.

"Ada aturan yang harus ditaati untuk menjaga kebersihan, keagungan masjid, wibawa masjid itu. Yaitu bersihkan (masjid), sucikan dari kotoran-kotoran dan juga dari perbuatan ucapan yang tidak layak," jelas Kiai Zae Nandang.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:57
Ashar
15:14
Maghrib
17:56
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan