alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita

Gempa Menurut Al-Quran, Kiamat Kecil Akibat Patahan Lempeng Bumi

Muhajirin Selasa, 22 November 2022 - 15:52 WIB
Gempa Menurut Al-Quran, Kiamat Kecil Akibat Patahan Lempeng Bumi
ilustrasi (foto: langit7.id/istock)
LANGIT7.ID - Gempa merupakan salah satu fenomena alam yang sering terjadi di bumi. Ada empat ayat Al-Qur’an yang mengungkap dua kali kasus gempa bumi dalam kurun waktu yang berbeda pada masa lampau. Kasus tersebut memiliki kemiripan dengan gempa bumi yang terjadi pada saat ini.

Dua dari empat ayat yang mengungkap kasus gempa itu terdapat dalam Surah Al-A’raf dengan lafaz yang sama. Ayat 78 bercerita tentang kasus gempa yang menimpa umat Nabi Shaleh. Ayat 91 menunjuk kasus gempa yang dialami umat Nabi Syuaib.

Kasus gempa umat Nabi Shaleh juga diungkapkan dalam Surah Hud ayat 67. Sementara, kasus gempa yang dialami Nabi Syuaib juga termaktub dalam Surah Al-‘Ankabut ayat 37.

Baca Juga: Jangan Panik, Baca Doa Ini Saat Terjadi Gempa Bumi

Selain itu, Al-Qur’an juga sudah menjelaskan peristiwa gempa bumi dengan pendekatan sains. Penjelasan itu bisa dilihat dalam buku Tafsir Ilmi ‘Kiamat dalam perspektif Alquran dan Sains’ yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Allah Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an mengungkap mengenai bumi yang berguncang:

كَلَّآ اِذَا دُكَّتِ الْاَرْضُ دَكًّا دَكًّاۙ

"Sekali-kali tidak! Apabila bumi diguncangkan berturut-turut (berbenturan),” (QS Al-Fajr: 21)

Gempa bumi disebut juga sebagai kiamat kecil. Dari ayat di atas dijelaskan, ketika kiamat tiba, bumi akan digoncangkan dengan sangat dahsyat dan bertubi-tubi. Gunung-gunung diangkat dengan satu angkatan, lalu dihempaskan, hingga bumi terbelah.

Isi gunung dimuntahkan sehingga perut bumi seperti menjadi kosong. Selain gempa tektonik yang membelah bumi karena patahan-patahan lempeng, letusan gunung yang hebat memuntahkan lahar dan mengisi semua cekungan bumi.

Baca Juga: Dampak Gempa Cianjur, Korban Jiwa Bertambah Warga Mengungsi Capai 7.000 Orang

Sebagian pakar berpendapat bahwa kiamat kecil tidak hanya menimpa manusia, tetapi juga benda-benda di alam raya. Kehancuran berskala kecil seperti gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan lain juga termasuk kiamat kecil.

Peristiwa seperti itu menimbulkan kerusakan di lokasi kejadian. Kiamat kecil seperti itu ada kalanya terjadi karena faktor alamiah yang tidak dapat dihindarkan atau karena perbuatan manusia.

Bukti sains menunjukkan bahwa lapisan bumi mengandung 20 padatan, yaitu Litosfir (kedalaman sekira 100 km), lapisan kerak dan selubung (ketebalan 500 hingga 1.000 km), dan 80% sisanya adalah air dan magma yang panas.

Lapisan padat atau lapisan teratas bumi bagaikan lempengan tipis yang terapung di atas lapisan magma. Sehingga, lempeng ini akan selalu bergerak dan mengalami berbagai tekanan menghasilkan tabrakan, patahan, getaran, maupun guncangan. Meskipun patahan hanya beberapa sentimeter saja, akan dapat menghasilkan getaran hebat di permukaan bumi.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan