alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Berkunjung ke Masjid Saka Tunggal Banyumas, Dibangun 1288 Masehi

Andi Muhammad Rabu, 23 November 2022 - 11:00 WIB
Berkunjung ke Masjid Saka Tunggal Banyumas, Dibangun 1288 Masehi
Berkunjung ke Masjid Saka Tunggal Banyumas, Dibangun 1288 Masehi. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada masjid bersejarah di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yakni Masjid Saka Tunggal. Masjid ini di sebut-sebut sebagai salah satu yang tertua di Indonesia dengan usianya yang ke-734 tahun sejak didirikan pada 1288 Masehi.

Masjid ini didirikan oleh Kiai Mustolih yang memiliki peran besar terhadap penyebaran Islam di daerah tersebut. Beliau rutin berdakwah di rumah ibadah yang dia bangun. Diketahui pada saat itu masyarakat sekitar masih melakukan perbuatan yang keluar dari syariat agama.

Alasan tersebut yang menjadikan cikal bakal dari pendirian Masjid Saka Tunggal. Kawasan masjid pun masih terasa asri karena lestarinya hutan sekitar. Di kawasan ini masih banyak monyet-monyet berkeliaran di kawasan masjid.

Baca Juga: Tafsir Al-Muminuun ayat 84: Bumi dan Seisinya Milik Allah SWT

Sebagai salah satu cagar budaya, arsitekturnya pun masih mempertahankan gaya klasik guna mengingat sejarah. Awalnya, Masjid Saka Tunggal dibangun dengan anyaman dan kayu bambu. Kemudian dilakukan penambahan dinding bata untuk eksterior masjid dengan tujuan preservasi atau pemeliharaan.

Uniknya, ornamen-ornamen yang terdapat pada masjid ini sangat kental dengan simbolisme nilai-nilai Islami yang bersinergi dengan adat-istiadat Jawa.

Berkunjung ke Masjid Saka Tunggal Banyumas, Dibangun 1288 Masehi

Kemudian, masjid ini mengumandangkan azan tanpa pengeras suara sebagai bagian dari tradisi. Meski demikian, suara azan yang dilantunkan oleh empat muazin sekaligus, tetap terdengar begitu lantang dan merdu.

Adapun tradisi unik lainnya yakni berdzikir setiap hari Jumat. Dzikir dilakukan sebelum salat Jumat dan pasca salat Jumat secara serentak dengan bahasa campuran Arab dan Jawa.

Masjid cagar budaya itu pun kini banyak didatangi wisatawan. Karena banyak keunikan-keunikan tersendiri serta bangunan klasiknya yang mampu menjadi magnet atau daya tarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: Anggap Islam sebagai Alien, Chris Skellorn Kini jadi Mualaf

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan