alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota

Andi Muhammad Rabu, 23 November 2022 - 11:45 WIB
Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota
Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota. Foto: Andi Muhammad.
LANGIT7.ID, Jakarta - Di tengah sibuknya Ibu Kota Jakarta terdapat sebuah oase sebagai pengingat kehidupan akhirat kelak yakni Daarul Muqarrabien. Masjid ini terletak di antara gedung-gedung menjulang tinggi tepat di Jalan Yayasan RPI Nomor 21, Kuningan, Jakarta Selatan.

Ketika Langit7.id berkunjung ke lokasi masjid, terlihat jelas banyak jamaah yang merupakan karyawan-karyawan kantor sekitar. Megahnya masjid terisi penuh oleh mereka untuk menunaikan kewajiban sebagai hamba Allah SWT di sela-sela kesibukan duniawi mencari nafkah.

Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota

Untuk bangunannya terdiri dari tiga lantai, di mana lantai pertama yakni diperuntukkan sebagai aula. Satu tingkat ke atas yakni ruang ibadah utama, kemudian lantai tiga atau teratas sebagai ruang salat tambahan.

Baca Juga: Hikmah Ujian bagi Orang Beriman, Ustaz Rahman: Dinaikkan Derajatnya

"Masjid selalu ramain ketika Dzuhur, Ashar, Maghrib karena jamaah banyak dari perkantoran," kata Ketua DKM Masjid Daarul Muqarrabien, Ustaz Abdul Quddus saat ditemui Langit7.id, Rabu (23/11/2022).

Ustaz Abdul Quddus mengatakan, jamaah didominasi dari karyawan perkantoran sebab masyarakat sekitar sudah tak ramai seperti dahulu. Hal ini terlihat dari kondisi masjid yang di apit gedung-gedung perkantoran dan hanya beberapa rumah warga yang masih berdampingan dengan masjid.

Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota

Awalnya, Masjid Daarul Muqarrabien hanyalah sebuah musala mungil bernama Musala Al Kheir yang dipugar menjadi tempat ibadah yang megah. Masjid dengan luas bangunan 4.854 meter persegi ini mampu menampung sekitar 1.000 jamaah.

"Desain masjid saya rasa dipilih konsep minimalis, sederhana tapi elegan dan tak lekang oleh waktu," ujarnya.

Masjid Daarul Muqarrabien, Oase Pengingat Akhirat di Tengah Ibu Kota

Diketahui, Masjid Daarul Muqarrabien resmi didirikan pada tahun 1960-an. Hingga kini masjid tersebut menjadi tempat favorit beribadah bagi banyak pejuang rupiah hingga musafir yang melintas di kawasan Rasuna Said.

Baca Juga: Nely Putuskan Bersyahadat Setelah 4 Tahun Nikah Beda Agama

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan