alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home masjid detail berita

Program Kaderisasi DKM ala Masjid Daarul Muqarrabien

Andi Muhammad Rabu, 23 November 2022 - 13:30 WIB
Program Kaderisasi DKM ala Masjid Daarul Muqarrabien
Program Kaderisasi DKM ala Masjid Daarul Muqarrabien. Foto: Andi/Langit7.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada program unik dalam rangka pembekalan ilmu agama dan mengasah kreativitas yang diterapkan oleh Masjid Daarul Muqarrabien, Kuningan, Jakarta Selatan. Yakni program Kaderisasi Generasi Penerus, yang mana diisi oleh anak-anak usia tingkatan SD hingga SMA.

Program tersebut diadakan setiap Senin sampai Sabtu ba'da Maghrib. Lebih dari 20 Anak-anak tersebut diberi pembelaharan mengenai dasar fikih, membaca Al-Qur'an, pembacaan riwayat Nabi, mengaji, hingga keterampilan hadrah.

Ketua DKM Ustaz Abdul Quddus mengatakan, anak-anak tersebut pun kerap didorong untuk tampil di berbagai acara besar Masjid Daarul Muqorrobien, seperti memainkan hadrah hingga menjadi MC. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk melatih tingkat kepercayaan diri dan public speaking para peserta didik.

Baca Juga: 5 Masjid Bersejarah di Kota Solo, Sudah Berdiri hingga Ratusan Tahun

"Dilatih keberaniannya, skillnya, bakatnya, ada yang bakatnya main hadrah dan suaranya bagus. Terus yang anak-anak yang agak besar kita dorong untuk tampil di bulan ramadhan untuk muratal dan menjadi MC," kata dia saat ditemui Langit7.id, Rabu (23/11/2022).

Ustaz Abdul Quddus menjelaskan, selain melatih keberanian dan keterampilan, kegaitan tersebut tentunya sebagai upaya pembekalan ilmu agama bagi generasi penerus bangsa. Agar kedepannya dapat menjadi pribadi yang tak lepas dari syariat agama.

"Kalau pagi kan mereka sekolah, nah kalau malam mereka ke sini (masjid) untuk belajar tentang muatan-muatan keagamaan, baca Qur'an dan dasar-dasar fikih," ujarnya.

Selain itu, Masjid Daarul Muqorrobien juga rutin mengadakan kegiatan sosial dan keagamaan di hari-hari besar. Seperti Maulid Nabi SAW, pembagian zakat, Idul Adha, dan buka puasa bersama di bulan Ramdhan. Adapun kegiatan lainnya yakni Jumat berkah, pengajian, dan kajian rutin.

"Kadang juga kita setiap Subuh mengadakan ngeteh pagi bareng ramah tamah ngobrol sesama. Itu biasanya setiap Selasa, Rabu, Sabtu, Ahad. Karena biasanya Senin dan Kamis ada yang puasa," tuturnya.

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Terinspirasi Gaya Arsitektur Kasultanan Demak

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan