alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home masjid detail berita

4 Macam Sujud dalam Islam Beserta Penjelasannya

Andi Muhammad Kamis, 24 November 2022 - 23:05 WIB
4 Macam Sujud dalam Islam Beserta Penjelasannya
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada empat macam sujud dalam agama Islam yang belum diketahui oleh banyak umat muslim. Sejatinya, sujud merupakan salah satu bagian dari gerakan salat yang merupakan simbol merendahkan diri sebagai seorang hamba di hadapan Allah SWT.

Anggota sekretariat Dewan Hisbah Persatuan Islam, Ustaz Ginanjar Nugraha menjelaskan, empat macam sujud dalam Islam yakni sujud salat, sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. Macam-macam sujud tersebut memiliki kaitan sebab tersendiri.

"Jadi sebab adanya sesuatu itu kenapa bisa disyariatkan, jadi secara unsur fikih itu biasanya berkaitan dengan hukum wadh'i," kata Ustaz Ginanjar saat di wawancara Langit7.id, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Pangeran Saud Unggah Momen Sujud Sukur Usai Arab Saudi Menang Lawan Argentina

Hukum wadh'i adalah perintah Allah yang berkaitan dengan penetapan sesuatu sebagai sebab, syarat, atau penghalang bagi yang lain. Secara umum, hukum wadh'i terdiri dari enam macam, yaitu sebab, syarat, penghalang (mani'), azimah dan rukhsah, serta sah dan batal.

Berikut penjelasan Ustaz Ginanjar terkait empat jenis sujud dalam Islam.

1. Sujud Salat

Ustaz Ginanjar menjelaskan bahwa sujud salat merupakan bagian dari rukun salat. Ini berarti sujud dalam salat merupakan syarat sah yang wajib diperagakan ketika melaksanakan ibadah salat. Kendati demikian, terdapat pengecualian terhadap salat khusus yang tidak memiliki syarat untuk melakukan sujud.

"Misalkan seperti salat jenazah, ini kiat-kiatnya khusus tidak ada rukuk kemudian juga tidak ada sujud," ujarnya.

2. Sujud Sahwi

Mudir Ma'had Imam Bukhari Bandung ini menjelaskan, sujud sahwi dilakukan ketika seorang mukmin lupa akan rakaat salat yang kemudian bisa disempurnakan dengan sujud sahwi. Sujud sahwi dilakukan tatkala lupa rakaat salat dan terdapat keragu-raguan dalam rakaat salat.

Baca Juga: Pesan Menyentuh dari Ustaz Aceng Zakaria untuk Alumni Persis

"Sujud sahwi bisa dilaksanakan sebelum salam atau setelah salam, itu boleh dilaksanakan," ujarnya.

Adapun tata cara melaksanakan sujud sahwi sebelum salam yakni dengan melakukan gerakan sujud sebanyak dua kali yang dilanjutkan dengan tahiyat.

3. Sujud Tilawah

Sujud tilawah, kata kandidat doktor UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, berdasarkan hadis dapat dikerjakan ketika melaksanakan ibadah salat saat mendengar atau membaca ayat-ayat sajadah yang terdapat dalam Al-Qur'an. Sujud ini merupakan sunnah.

Baca Juga: Guru Bangsa Itu Telah Berpulang: Catatan Murid KH Aceng Zakaria

"Ketika imam akan melaksanakan sujud tilawah maka makmum pun ikut sujud tilawah nantinya. Ataupun misalkan di luar salat itu juga sama di sunnahkan," jelas dia.

4. Sujud Syukur

Ustaz Ginanjar menuturkan, sujud syukur sering kali dilakukan oleh banyak orang sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT secara spontan. Tentunya sujud syukur yang dilakukan atas dasar hal yang positif.

Lanjutnya, sujud syukur juga bisa dilakukan ketika terhindar dari musibah atau mara bahaya. Dalam hal ini, sujud syukur dapat dilakukan bahkan termasuk dalam sunnah atas rasa syukur di dalamnya.

"Bisa juga saat terhindar dari mara bahaya dan lain sebagainya, ini juga dapat disunnahkan untuk sujud syukur di dalamnya," kata Redaktur Pelaksana majalah Risalah ini.

Adapun sujud-sujud yang biasa dilakukan sebagian umat Islam dan tidak pernah dicontohkan nabi, seperti sujud setelah berzikir atau berdoa usai salat. Termasuk sujud setelah membaca Al-Qur'an, hal ini bukan bagian dari syariat yang ditetapkan Allah dan Rasul-Nya.

Baca Juga: Berawal dari Pura-pura, Dedi Ibrahim Kini Nyaman jadi Muslim

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan