alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home masjid detail berita

Upah bagi Pendakwah, Buya Yahya: Hadiah dari Jamaah Itu Halal

mahmuda attar hussein Jum'at, 25 November 2022 - 10:30 WIB
Upah bagi Pendakwah, Buya Yahya: Hadiah dari Jamaah Itu Halal
Pendakwah Buya Yahya saat berceramah. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Ustadz adalah pendidik yang tugasnya mendakwahi kaum muslimin. Namun, bolehkah dalam tugas dakwahnya itu seorang ustadz memasang tarif tertentu?

Penceramah Buya Yahya menjelaskan, ustadz dalam perjuangan dakwahnya mesti bisa memudahkan urusan orang banyak. Termasuk ketika diundang untuk kajian tertentu.

"Adapun hadiah yang diberikan untuk ustadz itu halal. Mereka yang menolak adalah keputusannya masing-masing," jelas dia dikanal YouTubenya, Kamis (24/11/2022).

Bahkan bila dimungkinkan, ustadz juga mesti berjihad dengan hartanya. Sehingga dakwahnya lebih tersebar luas dengan mudah.

Baca Juga: UBN: Profesi Mulia di Dunia adalah Dakwah Ilallah

Di sisi lain, Pengasuh LPD dan Pondok Pesantren Al Bahjah itu juga menambahkan, agar pihak penyelenggara yang mengundang ustadz juga harus berhusnuzan. Terutama ketika ustadz yang diundang menetapkan tarif tertentu.

"Kita mesti berprasangka baik, mungkin saja ustadz itu di rumahnya memiliki anak yatim piatu atau santri yang banyak, sehingga dalam hitungannya itu dia harus memenuhi kebutuhan anak-anak asuhnya," ujarnya.

Dia mengatakan, penyelenggara tinggal mengundang pendakwah lain ketika tidak sepakat dengan ustadz bertarif. Jadi tidak terjadi masalah dalam kegiatan dakwah yang diselenggarakan.

"Anda yang salah bila sudah mengundang ustadz bertarif lantas menggunjing saat selesai acara," katanya.

Celakanya, lanjut dia, kejadian seperti itu (mengunjing ustadz) justru akan menjauhkan berkah. Padahal bisa saja ada kebutuhan yang diperlukan oleh ustadz bertarif tersebut.

"Jadi masalah tarif itu bukan sesuatu yang dilarang. Sebab, bisa saja ustadz itu juga membagi upah kepada tim yang mempersiapkan dan membantunya," tambahnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan