Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 02 Mei 2024
home global news detail berita

Bau Benda Terbakar di Kendaraan Bisa Jadi Tanda-Tanda Kerusakan

mahmuda attar hussein Jum'at, 25 November 2022 - 12:50 WIB
Bau Benda Terbakar di Kendaraan Bisa Jadi Tanda-Tanda Kerusakan
Ilustrasi merawat kendaraan rusak. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Bau benda terbakar pada kendaraan menandakan adanya kerusakan. Bila muncul kondisi tersebut, segera bawa ke bengkel atau lakukan lah langkah perbaikan.

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan bau benda terbakar pada kendaraan. Bau ini berasal dari berbagai sumber, seperti kap mesin, kabin, hingga pedal.

Melansir Cars Direct, berikut cara mengenali kerusakan mobil melalui bau benda terbakar:

Baca Juga: Cek 5 Bagian Kendaraan saat Musim Hujan, Fungsinya Vital Banget

1. Kopling

Bila Sahabat mencium bau koran terbakar pada kendaraan, ini menandakan adanya masalah pada prodo kopling mobil. Bau kertas terbakar ini timbul karena pada dasarnya permukaan kopling terbuat dari komposisi sejenis kertas.

Biasanya bau koran terbakar ini akan tercium saat Sahabat mengganti perseneling. Hal itu disebabkan oleh terbakarnya permukaan kopling akibat selip dan menimbulkan gesekan.

Dalam kondisi terparah, Sahabat harus segera mengganti kampas kopling. Untuk pencegahan, jangan mengistirahatkan kaki kiri di atas kopling selama mobil berjalan, khususnya untuk mobil manual.

2. Rem

Sebetulnya rem kendaraan akan mengeluarkan bau ketika diinjak dengan sangat keras dan mendadak. Juga ketika Sahabat menginjak rem dalam waktu cukup lama, seperti melewati jalan menuruni bukit curam.

Namun, bau itu hanya muncul sekejap dan tidak menjadi masalah. Adapun masalah akan muncul ketika bau rem terbakar terjadi sangat sering.

Bau rem terbakar diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara kaliper dengan cakram. Sahabat mesti segera memperbaikinya, mulai dari mengganti kampas rem hingga yang terparah mengganti piringan cakramnya.

3. Arus Pendek

Arus pendek juga bisa terjadi pada kendaraan. Bahkan, dalam kondisi terparah bisa menyebabkan kebakaran pada mobil.

Terjadinya arus pendek ditandai dengan bau kabel terbakar yang muncul pada kendaraan. Penyebabnya mulai dari korsleting, kulit kabel terkelupas, hingga sekring yang meleleh.

Perkara kabel pada kendaraan ini terbilang cukup sulit, karena terhubung langsung pada perangkat komputer. Sahabat mesti mendatangi mekanik yang ahli di bidangnya dan minta mereka untuk mengurut kabel hingga mengganti kabel yang rusak.

4. Radiator

Bau uap panas akan muncul ketika terjadi masalah pada radiator. Hal ini disebabkan oleh kurangnya air pada radiator, kebocoran, hingga kipas radiator yang mati.

Dalam kondisi terparah bisa menyebabkan radiator pecah hingga turun mesin. Untuk itu, Sahabat mesti selalu mengecek temperatur kendaraan melalui indikator dan rutin melakukan pengecekan radiator, termasuk coolant.

5. Bahan Bakar

Bau bahan bakar ini termasuk yang mudah dikenali. Bau bahan bakar yang tercium hingga ke dalam kabin menandakan adanya kebocoran pada ruang pembakaran.

Sehingga bahan bakar yang harus masuk dalam ruang bakar justru tumpah dan menjalar ke mana-mana. Selain itu, asap putih tebal pada knalpot juga mengindikasikan adanya kebocoran bahan bakar.

Nah, Sahabat mesti melakukan perbaikan di bengkel terdekat atau langganan. Ada beberapa penyebab kemungkinan yang terjadi, mulai dari karet seal piston yang getas, paking silinder bermasalah, hingga injeksi bahan bakar yang tidak sempurna.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 02 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan