alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home masjid detail berita

Ustaz Syafiq: Beragama Harus dengan Ilmu Bukan Hawa Nafsu

Andi Muhammad Jum'at, 25 November 2022 - 16:15 WIB
Ustaz Syafiq: Beragama Harus dengan Ilmu Bukan Hawa Nafsu
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ilmu merupakan sumber pengetahuan yang membuat manusia memahami banyak hal. Karenanya, kita diwajibkan untuk menuntut ilmu sebanyak mungkin, bahkan dalam Islam sendiri mencari ilmu adalah sebuah keharusan atau kewajiban.

Pendakwah Ustaz Syafiq Riza Basalamah mengatakan, pada dasarnya manusia diciptakan Allah SWT untuk menyebah-Nya. Namun dalam beribadah perlu adanya ilmu bukan hawa nafsu, agar kita tahu bagaimana tata cara beribadah dengan benar.

"Tanpa ilmu, kita tidak tahu kalau ibadah kita salah. Kenapa tatkala ketika orang berangkat umrah dia perlu belajar tentang umrah yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW," katanya dalam akun Syafiq Riza Basalamah Official, dikutip Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: 4 Macam Sujud dalam Islam Beserta Penjelasannya

Ustaz syafiq mengupas sebuah hadis tentang ilmu pengetahuan dalam beribadah sebagai contoh pentingnya ilmu dalam beribadah. Berdasarkan riwayat dari Jabir bin Abdullah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Ambillah dari aku tata cara ibadah atau manasik (haji dan umrah) kamu sekalian” (Riwayat Ahmad, Muslim, dan an-Nasa’i).

Ustaz Riza menuturkan, dengan mempelajari ilmu agama akan menjauhkan diri kita dari perbuatan-perbuatan menyimpang dan yang bersifat syirik. Terlebih dengan memperdalam ilmu agama juga dapat menyempurnakan ibadah kita.

"Ada dua syarat diterimanya ibadah kita yang pertama adalah ikhlas yang kedua adalah seduai dengan tuntunan Nabi SAW," ujarnya.

Baca Juga: 5 Tema Khutbah Jumat: Adab Muslim dalam Menyikapi Musibah

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan