alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home edukasi & pesantren detail berita
Hari Guru Nasional

Hetifah: Guru Teladan Bangsa, Terus Berinovasi untuk Siswa

elvin andika Jum'at, 25 November 2022 - 20:30 WIB
Hetifah: Guru Teladan Bangsa, Terus Berinovasi untuk Siswa
Ilustrasi seorang guru sedang memberikan mata pelajaran di dalam kelas. (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian turut mengapresiasi peran para guru yang menjadi sosok teladan bagi bangsa Indonesia. Apresiasi itu disampaikannya dalam peringatan Hari Guru Nasional 2022.

Hetifah menjabarkan peran guru menurut Ki Hadjar Dewantara adalah di depan memberi teladan, di tengah membangun kemauan, dan di belakang memberi dukungan moral. "Karenanya, apresiasi kepada para guru bukan hanya memberikan ilmu pengetahuan, tapi juga menjadi panutan akan keunggulan moral, etika, serta karakter kepada peserta didik," kata Hetifah dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Sesuai dengan tema Hari Guru Nasional 2022 "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar", Hetifah berharap guru dapat menjadi teladan inovasi bagi siswa. Dia berharap guru terus melanjutkan keteladanan bagi generasi penerus bangsa.

Baca Juga: Dewan Dawah: Maju dan Mundur Suatu Bangsa Tergantung Peran Guru

"Guru yang terus menyuntikkan semangat berinovasi dalam proses pembelajaran akan melahirkan siswa yang kreatif dan berkarya positif. Apalagi, dengan Kurikulum Merdeka membuka ruang bagi guru untuk mengeksplorasi ide kreatif," ucapnya.

Politisi Fraksi Golkar DPR RI itu juga menyoroti kasus kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi yang kian merebak dalam dunia pendidikan. Menurutnya, tiga 'dosa' pendidikan itu menunjukkan bahwa pelajar di Indonesia darurat moral dan etika.

"Selain harus menunjukkan teladan yang baik terhadap siswa, guru juga harus memastikan bahwa siswa juga menjalankan adab yang baik di lingkungan sekolah. Guru menjadi sosok pelindung dan pengarah bagi siswa," ujar legislator asal Kalimantan Timur itu.

Lebih lanjut, Hettifah turut memberikan penghormatan bagi seluruh guru yang berkorban di pelosok negeri, namun menjadi utang besar bagi negara. Dia menilai ada banyak cerita tentang guru Indonesia yang berkorban untuk mengajar hingga pedalaman dengan fasilitas dan dana yang tidak memadai.

"Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan teladan yang sesungguhnya. Namun, ini menjadi PR besar bagi negara yang belum bisa memastikan seluruh guru terjamin hak dan kesejahteraannya," tuturnya.

Baca Juga:

Kedudukan Guru dalam Islam, Bukan Hanya Pengajar tapi Pewaris Nabi

Teladan Umat Islam, Rasulullah SAW Mendidik Lewat Perbuatan


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan