Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 28 Maret 2024
home global news detail berita

Informasi Negatif di Medsos, Dadang Kahmad: Itu Kemungkaran

mahmuda attar hussein Senin, 26 Desember 2022 - 09:35 WIB
Informasi Negatif di Medsos, Dadang Kahmad: Itu Kemungkaran
Informasi Negatif di Medsos. (Foto: iStock).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua PP Muhammadiyah periode 2015-2022, Dadang Kahmad, mengaku miris dengan banyaknya informasi negatif yang beredar di platform media sosial sekarang ini.

Dia mengungkapkan, platform media online seharusnya dapat menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya umat Islam. Sehingga nilai-nilai kebaikan juga bisa dirasakan.

"Menurut saya, banyaknya informasi negatif yang tersebar di platform media online itu merupakan suatu kemungkaran digital," katanya kepada Langit7 Senin (26/12/2022).

Baca Juga: Sebar Informasi di Medsos, Ketua MUI: Harus Benar dan Kontekstual

Adapun kemungkaran digital, lanjut dia, adalah muatan informasi negatif yang disebar di platform media online. Sebaliknya, informasi yang bermuatan positif merupakan kesalihan digital.

"Kemungkaran digital itu merupakan racun bagi masyarakat kita. Terutama masyarakat yang masih sederhana, yang tingkat pendidikannya belum terlalu tinggi," katanya.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat bisa lebih skeptis terkait kebenaran informasi yang diterima dari media online. Dengan melakukan pengecekan kembali terhadap berbagai informasi yang diterima.

"Bisa di cross check dengan media mainstream. Saya kira kita juga perlu segera menghentikan konten negatif di media sosial maupun media digital atau yang disebut Muhammadiyah sebagai ketidaksalihan digital," ujarnya.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 28 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:03
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan