Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 April 2024
home masjid detail berita

Emil Tinjau Langsung Kebersihan Masjid Raya Al-Jabbar

Andi Muhammad Jum'at, 06 Januari 2023 - 18:39 WIB
Emil Tinjau Langsung Kebersihan Masjid Raya Al-Jabbar
Masjid Raya Al-Jabbar. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) meninjau lokasi Masjid Raya Al Jabbar di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Hal tersebut dia lakukan usai mendapat keluhan dari masyarakat.

Peninjauan dilakukan dengan didampingi Kepala Satpol PP Jabar menaiki perahu motor memeriksa kondisi danau di area luar Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ) yang sebelumnya dikabarkan dipenuhi sampah.

"Sebagai Ketua DKM juga memastikan komplain-komplain untuk di respons," kata Emil dalam keterangan tertulis yang diterima Langit7.id, Jumat (6/1/2023).

"Kondisi danau sudah relatif bersih," imbuhnya

Dia mengungkapkan rasa terima kasih kepada seluruh relawan yang bersedia membersihkan sampah-sampah berserakan di danau kawasan Masjid Al-Jabbar.

Baca Juga: Jadi Aktor Lagi, Ridwan Kamil Bakal Main Sinetron Religi Ramadan

Emil juga akan menertibkan seluruh Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggelar lapak dagangannya tidak pada tempat yang sudah disediakan. Pihaknya memastikan mulai Sabtu (7/1/2023) akan dilakukan penertiban terhadap PKL yang masih berjualan tidak di zona PKL.

"Mulai besok lusa penertiban akan dilakukan. Zona PKL itu sudah disiapkan, silakan dimanfaatkan, tapi tidak boleh seperti sekarang (berjualan tidak pada tempat yang disediakan)," ujarnya.

Para PKL pun diketahui banyak yang bukan berasal dari penduduk sekitar masjid. Padahal PKL yang berjualan di area MRAJ diprioritaskan untuk penduduk setempat.

"Berdagang boleh, tapi diatur dan didahulukan untuk penduduk lokal, tapi setelah di data kebanyakan bukan penduduk lokal yang dadakan datang dari mana-mana," imbau dia.

Untuk area dalam masjid terlihat karpet sudah hampir seluruhnya terpasang. Hal ini akan menambah kenyamanan umat saat beribadah. Sedangkan untuk akses menuju Masjid Al-Jabbar, Emil memastikan akan ditambah agar tidak terjadi kepadatan kendaraan.

Dia pun meminta kepada pengunjung agar tidak selalu menggunakan akses masuk dari Jalan Cimincrang, melainkan bisa menggunakan akses lain dari Gedebage selatan.

Baca Juga: Pemprov Jawa Barat Batasi Kunjungan ke Masjid Al-Jabbar

"Akses masuk akan kita tambah jangan semua datang dari Cimincrang, silakan datang dari Gedebage selatan," ujarnya.

Akses dari KM 149 Tol Purbaleunyi pun kini sedang dalam proses perbaikan. Jika perbaikan sudah selesai, pengunjung yang menggunakan kendaraan roda empat akan diarahkan akses masuknya melalui KM 149.

"Jalan tol sedang dicek karena ada kerusakan. Jadi nanti kendaraan roda empat masuknya dari tol," sebut Emil.

Dia kembali mengimbau kepada pengunjung MRAJ agar selalu menjaga kebersihan, ketertiban, dan mengutamakan kegiatan ibadah sebelum aktivitas lainnya.

"Imbauan kepada warga, mari jaga kebersihan dan ketertiban. Ingat ini tempat ibadah, rumah Allah, maka salat dulu baru lainnya bukan lainnya dulu baru salat," ucap Emil.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan