Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home community detail berita

DMI Sebut Masjid Harus Bisa Jadi Sarana Berbagi Ilmu

Andi Muhammad Rabu, 18 Januari 2023 - 08:04 WIB
DMI Sebut Masjid Harus Bisa Jadi Sarana Berbagi Ilmu
DMI Sebut Masjid Harus Bisa Jadi Sarana Berbagi Ilmu. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, JAKARTA - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bidang Kerjasama Antar Lembaga, H.M Natsir Zubaidi mengatakan, selayaknya sebagai sarana ibadah umat muslim. Masjid selalu diramaikan jamaah ketika adzan dikumandangkan.

Menurut dia, selain sebagai sarana ibadah, masjid harus bisa menjadi tempat berbagi ilmu agama, seperti menggelar kajian-kajian. Hal ini perlu dilakukan demi mengedukssi umat serta memakmurkan masjid.

"Sudah tentu makmur atau tidaknya masjid tergantung aktif atau tidaknya pengurus masjid dan perangkatnya," kata dia kepada Langit7.id, Rabu (18/1/2023).

Dia menegaskan, agar di masa mendatang masjid harus bisa menjadi institusi dakwah. Hal ini perlu dilakukan guna menghadapi permasalahan umat agar tetap takwa dan bijak dalam menghadapi persoalan di tengah permasalahan umat dan bangsa.

Baca Juga: 6 Larangan Rasulullah saat Berdagang, Terapkan agar Usaha Berkah

"Hal yang paling mendasar dihadapi oleh umat Islam dan bangsa ini adalah adanya usaha dari kalangan tertentu yang ingin melakukan penyelewengan, penyesatan serta pendangkalan aqidah yang dianut pemeluk agama mayoritas bangsa Indonesia," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, masjid perlu dikelola oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya. Untuk mewujudkan masjid sebagai institusi dakwah, maka pengurus serta pengelola mesti dibina guna memastikan SDM masjid mumpuni.

"Pengelola masjid harus memiliki kemampuan managerial, skill, dan technical skill baik dalam pengelolaan bangunan fisik masjid. Juga pembinaan non fisik yang wilayahnya cukup luas seperti pengaturan takmir, pendidikan dan dakwah, dan muamalah," jelasnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan