Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

4 Tips Memasak Tanpa Rusak Kandungan Protein, Nutrisi Tetap Utuh

mahmuda attar hussein Ahad, 29 Januari 2023 - 16:30 WIB
4 Tips Memasak Tanpa Rusak Kandungan Protein, Nutrisi Tetap Utuh
4 Tips Memasak Tanpa Rusak Kandungan Protein. (Foto: Istimewa).
LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 4 tips terbaik memasak tanpa merusak protein. Hal ini sangat penting karena protein merupakan nutrisi yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Beberapa manfaat kandungan protein antara lain sebagai sumber energi. membentuk berbagai enzim dan hormon, hingga mendukung sistem kekebalan tubuh.

Adapun protein sendiri bisa didapatkan dari berbagai sumber bahan makanan. Di antaranya seperti produk kacang-kacangan maupun daging hewani.

Namun, cara masak yang salah justru dapat membuat protein rusak dan tidak maksimal diserap tubuh. Untuk itu cara memasak harus betul-betul diperhatikan agar nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan tetap utuh.

Setidaknya ada 4 cara memasak terbaik yang dianjurkan dalam mengolah protein. Melansir Lauren Simpson Fitness, berikut ulasannya:

1. Oven

Salah satu cara memasak bahan makanan sumber protein adalah dengan menggunakan oven. Memasak dengan oven juga terbilang cukup mudah.

Tidak hanya daging, tapi semua jenis protein bisa dimasak menggunakan oven. Adapun sumber protein yang bisa dipanggang ini termasuk bebek utuh, ayam utuh, ikan utuh, daging panggang, atau bahkan tahu dan tempe.

Selain itu, tidak ada larangan pula untuk menambahkan bumbu-bumbu tertentu untuk menambahkan rasa yang diinginkan.

Khusus daging, Sahabat dianjurkan untuk menggunakan potongan yang memiliki sedikit lemak atau bisa juga membuang bagian lemaknya sebelum dimasukkan ke dalam oven.

2. Panggang

Semua orang pasti menyukai daging BBQ dan setiap masakan yang dipanggang pasti enak.

Berbeda dengan oven, memanggang daging ini berarti Sahabat benar-benar memasak daging di atas pemanggang dengan bara api.

Memanggang daging ini juga bisa membuat makanan menjadi lebih renyah. Namun, Sahabat mesti memastikan agar daging tak terlalu kering atau gosong.

Untuk menambah rasa, Sahabat bisa merendam daging sebagai sumber protein dengan herba dan campuran bumbu penyedap lainnya.

3. Goreng

Ya, sumber protein juga bisa digoreng. Dengan catatan, menggorengnya tanpa minya!

Menggunakan minyak untuk mengolah sumber protein tentu akan menjadi tidak sehat. Apalagi minyak dapat meningkatkan jumlah kalori pada masakan.

Nah, Sahabat bisa menggoreng sumber protein ini dengan wajan anti lengket. Sehingga memasak daging dengan wajan bisa dilakukan tanpa minyak.

Sahabat juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun agar wajan tak terlalu panas. Namun ingat, jangan pernah memasak protein di suhu api terlalu tinggu atau sampai masakan menimbulkan asap.

4. Rebus

Masakan yang direbus tentu sangat cocok disantap saat cuaca dingin. Apalagi bila masakan yang direbus ini hangat dan berkuah.

Dengan merebus sumber protein, Sahabat bisa mencampurkan berbagai jenis sayuran dan bumbu atau dengan kata lain mengolah daging menjadi sup.

Jadi makanan pun akan lebih sehat dengan sumber nutrisi lengkap dari kombinasi antara protein, sayuran, dan karbohidrat.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan