Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 01 Juni 2023
home lifestyle muslim detail berita

Jangan Cuma Tidur, Ini 5 Cara Jadikan Akhir Pekan Lebih Sehat

mahmuda attar hussein Ahad, 12 Februari 2023 - 08:05 WIB
Jangan Cuma Tidur, Ini 5 Cara Jadikan Akhir Pekan Lebih Sehat
Ilustrasi. (Foto: Langit7.id/iStock)
LANGIT7.ID, Jakarta - Akhir pekan menjadi momen yang tepat untuk beristirahat usai melewati hiruk pikuk pekerjaan selama sepekan. Namun, waktu akhir pekan tak hanya dimanfaatkan untuk tidur saja lantaran ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mengisi waktu luang.

Waktu akhir pekan bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan kesehatan. Salah satunya dengan beraktivitas fisik di luar rumah seperti olah raga.

Selain itu, urusan asupan makanan juga penting diperhatikan. Jangan sampai waktu akhir pekan justru akan menyebabkan berat badan naik.

Baca Juga: Setelah Kerja Keras Sepekan, Ini Refreshing yang Bisa Kamu Lakukan

Setidaknya, ada 5 cara yang bisa dilakukan agar menjadikan waktu akhir pekan lebih sehat. Melansir NBC News, Ahad (11/2/2023), berikut ulasannya:

1. Jangan Banyak Tidur

Para peneliti di University of Arizona-Tuscon menemukan, ketidaksesuaian yang terjadi antara jam biologis tubuh dan jadwal tidur akhir pekan akan membuat tubuh menjadi lebih lelah.

Hal itu dapat berdampak pada suasana hati yang lebih buruk. Artinya, banyak tidur di akhir pekan hanya akan membuat tubuh lebih lelah dan suasana hati yang lebih buruk.

Bahkan, itu dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang lebih serius. Pasalnya, merubah satu jam waktu tidur dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11 persen.

2. Aktivitas Fisik

Laporan yang dirilis oleh Jawbone, menemukan bahwa olahraga mencapai puncaknya pada hari Senin. Hal itu lantaran masih banyak orang yang enggan melakukan aktivitas fisik di akhir pekan.

Padahal kurangnya aktivitas fisik di akhir pekan justru akan menimbulkan kenaikan berat badan. Untuk itu, mulailah menjadwalkan olahraga di akhir pekan agar berat badan tetap ideal.

Setidaknya ada ragam manfaat dari melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Di antaranya seperti peningkatan fokus, peningkatan kebahagiaan, dan tingkat kecemasan yang lebih rendah.

3. Cheating Day

Cheat day atau cheating day adalah hari libur diet. Banyak di antara orang-orang yang melakukan hal ini, di mana hari libur kerja juga dijadikan sebagai hari libur untuk diet.

Laporan Jawbone juga mengungkapkan, banyak orang makan-makanan berminyak dan mengandung banyak gula di akhir pekan. Padahal, pola diet seperti ini keliru.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Washington University School of Medicine, menemukan orang-orang banyak menjalankan diet ketat sepanjang minggu. Kemudian terlalu banyak makan di waktu akhir pekan.

Faktanya, hal itu tidak menurunkan berat badan secara perlahan. Justru sebaliknya, di mana berat badan malah naik secara perlahan.

Namun, hal tersebut bukan berarti tidak boleh melakukan cheating day. Hanya saja, dianjurkan mengambil satu hari untuk cheating day, bukan sepanjang waktu akhir pekan.

Baca Juga: Berdamai dengan Hari Senin, Ikuti 5 Tips Ini agar Aktivitas Penuh Semangat

4. Interaksi Sosial

Bekerja selama sepekan penuh tanpa ada kesempatan berinteraksi sosial tidak pernah dianjurkan. Pasalnya, kurangnya interaksi sosial justru dapat merusak kesehatan.

Bersosialisasi baik untuk kesehatan mental dan emosional, termasuk juga baik untuk otak. Sementara isolasi sosial dan kesepian, dapat berdampak pada kesehatan yang mirip dengan obesitas.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health, menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang mempertahankan interaksi sosial, mengurangi risiko demensia dan menunda atau mencegah gangguan kognitif.

Studi lain dari Harvard School of Public Health, menemukan bahwa orang yang memiliki kehidupan sosial yang aktif di usia 50-an dan 60-an memiliki tingkat penurunan memori yang lebih lambat dibandingkan dengan mereka yang lebih terisolasi.

5. Mandi Air Panas

Cara lain yang sangat sederhana untuk menghilangkan stres dan tidak menghabiskan banyak waktu adalah dengan mandi air panas.

Mandi air panas akan membuat suhu tubuh naik, kemudian dengan cepat menjadikan suhu tubuh dingin. Hal itu akan membuat tubuh lebih rileks.

Mandi sebelum tidur juga membantu menginduksi kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, membiasakan mandi juga dapat menurunkan tekanan darah.

Para peneliti di Universitas Loughborough, menemukan bahwa bersantai di bak mandi air panas dan tidak melakukan apa pun bisa membakar sebanyak 130 kalori. Jumlah itu sama dengan kegiatan berjalan kaki setengah jam.

Baca Juga:

5 Tips Jadikan Akhir Pekan Berkualitas meski Tetap di Rumah

3 Ide Menu Sarapan untuk Akhir Pekan, Praktis Kaya Nutrisi


(gar)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 01 Juni 2023
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:54
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan