Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 19 Mei 2024
home masjid detail berita

Masjid Bawah Tanah Sancaklar Turki, Terinspirasi dari Gua Hira

Muhajirin Selasa, 28 Februari 2023 - 06:00 WIB
Masjid Bawah Tanah Sancaklar Turki, Terinspirasi dari Gua Hira
Masjid Sancaklar, Turki (Foto: ArchDaily)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Masjid Sancaklar merupakan sebuah masjid modern yang terletak di Istanbul, Turki. Masjid ini dirancang oleh arsitek Turki, Emre Arolat, dan selesai dibangun pada tahun 2012. Masjid ini terletak di tepi laut dan memiliki pemandangan yang indah.

Salah satu ciri khas Masjid Sancaklar adalah arsitektur modern yang minimalis. Masjid ini terbuat dari beton dan batu alam yang dicat putih, dengan atap datar dan kubah kecil yang menonjol dari dinding. Bagian dalam masjid juga dirancang secara minimalis dengan dinding putih dan lantai kayu.

Meskipun Masjid Sancaklar dirancang dengan gaya modern, tetapi tetap memperhatikan nilai-nilai tradisional Islam. Masjid ini memiliki ruang salat yang terpisah untuk pria dan wanita, serta ruang wudu yang dilengkapi dengan fasilitas moderen. Selain itu, masjid ini juga memiliki ruang pertemuan dan pusat pendidikan Islam.

Baca Juga: Keren, Kini Masjid Istiqlal Hadir di Metaverse

Inspirasi awal Emre adalah Gua Hira, lokasi Rasulullah SAW menerima wahyu pertama. Dia pun merancang dengan sangat moderen. Dia mendesain masjid itu dengan tujuan melawan isu yang memisahkan bangunan masjid dari keindahan arsitektur.

“Bertujuan untuk mengatasi isu fundamental membuat rancangan masjid dengan menjauhkan diri dari diskusi arsitektur saat ini yang didasarkan pada bentuk dan fokus hanya pada esensi rumah ibadah,” kata Emre, dikutip OnIslam, Senin (27/2/2023).

Masjid Sancaklar dibangun di bawah tanah pada kedalaman 7 meter dari permukaan tanah, dengan luas 1.200 meter persegi di bawah tanah. Uniknya, penerangan di masjid ini berasal dari lampu utama dan dari sinar matahari. Cahaya yang masuk dirancang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan efek yang menenangkan dan mendukung suasana spiritual ataupun kekhusyukan ibadah.

Baca Juga: Alhamdulillah, Suku Baduy Kini Punya Masjid Berteknologi Modular

Masjid tersebut bisa menampung 650 jamaah. Lokasinya dipilih di area yang minim masjid. Mufti buyukcekmece, Mehmet Narin, mengatakan, masjid didirikan di kawasan yang belum memiliki tempat ibadah. Masyarakat sangat membutuhkan keberadaan masjid.

“Masjid adalah tempat untuk merenung dan berdoa. Masjid adalah cabang dari Ka’bah, karena kurangnya masjid di sini, di lingkungan Karaagac, masjid ini diperlukan. Wilayah ini banyak diisi dengan vila, tapi tidak ada masjid,” katanya.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 19 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan