Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Kemensos Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa

Muhajirin Senin, 06 Maret 2023 - 17:40 WIB
Kemensos Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa
Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam doa bersama Kementerian Sosial (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa ke depan, sehubungan dengan kejadian bencana terakhir di Indonesia dan prediksi akan adanya bencana kekeringan.

"Karena kan saya lihat sendiri di lapangan, betapa kok kondisi mereka bukan hanya terluka ,bukan hanya sakit. Tapi kemudian ada anak kehilangan orang tanya, ada orang tua kehilangan anak, tapi juga kemudian masa depannya anak kehilangan orang tuanya. Kita harus cek kita harus bagaimana dengan anak-anak itu dengan masa depannya," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini, melalui keterangan tertulisnya, usai memberi sambutan dalam doa bersama di Graha Aneka Bhakti Kemensos, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Menurut Mensos Risma, bencana di Indonesia berdampak besar pada kesejahteraan anak-anak. Kemensos tidak hanya sekedar menangani pengungsi, dan memberi dukungan psikososial, namun juga dampak berkepanjangan usai bencana.

Baca Juga: Mensos Terbitkan SE Larangan Eksploitasi Lansia Ngemis Online di Medsos

"Karena itu kemudian hari Sabtu saya sampaikan 'ayo kita doa bersama,' mungkin ini bisa membantu menghindarkan kita dari seluruh bencana yang terjadi," kata Mensos Risma.

Seperti kejadian kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) malam yang menyebabkan korban jiwa dan puluhan warga mengalami luka bakar. Mensos Risma mengatakan, hal yang harus ditangani oleh Kemensos adalah dampak dari kejadian bencana itu.

Misalnya pada kejadian kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang membuat anak terpisah dari orang tuanya hingga terbawa ke Jakarta. Mensos Risma mengatakan, pada saat dia menemui anak tersebut di perempatan jalan, diketahui bahwa dampak kejadian tersebut membuat anak tersebut terpisah saat mengevakuasi diri.

Baca Juga: Kemensos Beri BLT untuk Anak Yatim hingga Lansia Tunggal

"Saya kemudian minta TRC, tim reaksi cepat, kami cek itu siapa. Ternyata dia anak korban kebakaran di Indramayu, karena dia tidak punya siapa-siapa dia naik truk pindah-pindah sampailah dia ke Jakarta," ujar Risma.

Anak tersebut mendapat pelayanan di balai milik Kemensos hingga akhirnya dijemput orang tuanya. Selain itu, Mensos Risma mengimbau agar jajaran Kemensos siap menghadapi prediksi kekeringan yang mengancam ketahanan pangan masyarakat. Oleh karena itu, ia menganjurkan agar lahan balai-balai milik Kemensos menjadi produktif dengan tanaman sayur-sayuran.

"Karena itu tadi saya arahkan teman-teman untuk udah semampu kita yang di kantor kita di luar Jawa, ruang balai-balai diklat itu gede-gede halamannya. Mereka bisa tanami umbi, mereka biasa tanami jagung, nanti untuk kalau ada masyarakat membutuhkan silakan bisa diambil," ujarnya.

Baca Juga: 102 Juta Data Masyarakat Indonesia Bocor, Diduga dari Kemensos

Doa bersama tersebut diikuti oleh seluruh jajaran Kemensos dan dipimpin oleh lima pemuka agama.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan