Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home lifestyle muslim detail berita

Nani Wijaya Tak Ingat Anak karena Demensia, Ini Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua

Muhajirin Selasa, 07 Maret 2023 - 09:00 WIB
Nani Wijaya Tak Ingat Anak karena Demensia, Ini Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua
Ilustrasi penderita demensia (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID, Jakarta - Aktris senior Nani Wijaya dikabarkan mengidap penyakit demensia. Penyakit itu membuat Nani sulit mengingat anak-anaknya. Saat ini, dia tengah dirawat secara intensif di RS Fatmawati, Jakarta Selatan.

Aktris pemeran Emak di sitkom Bajaj Bajuri itu sempat mengalami sesak nafas hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Kabar tersebut disampaikan oleh salah satu anaknya, Cahya Kamila, saat menghadiri sebuah program televisi swasta.

“Sudah enggak ingat sama sekali. Makin ke sini, ingat. Dipancing, ingat. Nanti lama-lama semakin galak, lama-lama enggak kenal, lama-lama sudah ngelihat saja, lama-lama teriak-teriak kayak bayi,” kata Cahya.

Baca Juga: Peduli Risiko Demensia, Masjid di Luton Inggris Gelar Kampanye Edukasi

Lalu, apa ganjaran bagi anak yang merawat orang tuanya yang tengah sakit? Dalam ajaran Islam, merawat orang tua yang sedang sakit menjadi bakti seorang anak kepada tua. Tak sekadar itu saja, Allah Ta’ala juga menjanjikan pahala surga bagi anak yang sabar dan ikhlas merawat orang tua yang sedang sakit.

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh merugi, sungguh merugi, sungguh merugi seseorang yang mendapatkan kedua orang tuanya sudah renta atau salah seorang dari kedua, namun tidak dapat membuatnya masuk surga.” (HR Muslim).

Pengasuh Pondok Pesantren Al Bahjah, Prof Yahya Zainul Maarif (Buya Yahya), mengatakan ujian berupa orang tua yang sakit merupakan tangga kemuliaan bagi sang anak. Apalagi, jika anak sang anak bersungguh-sungguh mencari kesembuhan bagi ayah atau ibu yang sakit.

Baca Juga: Cegah Alzheimer, Ini 5 Makanan untuk Tingkatkan Kemampuan Otak

“Kalau ada seorang anak diberi oleh Allah ibu semacam itu (ibu yang sakit), sebetulnya Allah telah menyiapkan bagi anak tersebut pangkat setinggi-tingginya,” ujar Buya Yahya di Al Bahjah TV.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan