Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Sonny Bill Williams Ungkap Tantangan Jadi Seorang Islam

Muhajirin Senin, 22 Mei 2023 - 08:38 WIB
Sonny Bill Williams Ungkap Tantangan Jadi Seorang Islam
Superstar asal Selandia Baru, Sonny Bill Williams, mengungkapkan tantangan sebagai seorang mualaf
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Superstar asal Selandia Baru, Sonny Bill Williams, mengungkapkan tantangan sebagai seorang mualaf setelah 14 tahun memeluk Islam. Salah satu tantangan utama yang dia hadapi adalah berkaitan dengan tato-tato yang menutupi tubuhnya.

Sonny Bill Williams, yang juga dikenal sebagai petinju setelah memutuskan untuk berkarier di dalam ring, berbagi sebuah postingan di Twitter yang diinspirasi oleh Mufti Menk, seorang tokoh Muslim terkenal. Postingan tersebut menasihati orang-orang untuk menjadi lebih lembut, lebih baik hati, dan selalu bersedia memberikan bantuan kepada sesama.

Sonny Bill Williams menceritakan pengalamannya di sebuah masjid di Dubai, di mana dia ditanyai untuk meninggalkan masjid karena tato-tato yang terlihat jelas pada tubuhnya. "Saya ingat pertama kali saya pergi ke masjid di Dubai, saya disuruh pergi karena tato saya," tulis Williams di Twitter.

Baca juga:Militer Amerika Sersan Loyola Mualaf, Merasa Damai dengan Islam

Pengalamannya di masjid tersebut membuat Sonny Bill Williams merasa sedih dan kecewa. Namun, dia juga mengakui bahwa orang yang memintanya pergi mungkin hanya berusaha menjalankan apa yang menurutnya benar dalam keyakinannya. Williams menyarankan agar dalam situasi seperti itu, empati dan pengertian seharusnya menjadi pijakan utama bagi setiap Muslim.

"Ya saudara itu melakukan apa yang menurutnya benar, tetapi jika dia menunjukkan empati dan pengertian dengan membawa saya ke samping dan menjelaskan bahwa mungkin saya harus mencoba menutupi tato-tato tersebut, saya akan meninggalkan masjid dengan kekuatan dan pencerahan sebagai gantinya," ungkap Williams.

"Saya berharap ada lebih banyak kesempatan untuk belajar dan saling memahami antara mualaf dan Muslim yang lahir dalam agama ini. Saya mengerti bahwa saya adalah seorang mualaf dan masih belajar, tetapi kita semua memiliki perjalanan kami sendiri."

Sonny Bill Williams juga berbagi pesan kepada umat Islam secara umum, agar mengikuti Sunnah Nabi Muhammad (SAW) dengan menghindari mengkritik mualaf di depan umum. Dia merasa terpanggil untuk mengingatkan orang bahwa tidak ada yang sempurna, dan jika kita benar-benar mengikuti teladan indah Nabi, sikap dan tindakan kita harus selalu penuh empati.

"Pengalaman ini selalu melekat pada saya ketika saya melihat para mualaf baru membuat kesalahan dan orang-orang mengkritik mereka di ruang publik. Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna, dan jika kita benar-benar mengikuti sunnah Nabi kita yang cantik hati, tindakan kita harus selalu penuh empati," tegas Williams.

Baca juga:Bolehkah Seorang Qariah yang Haid Membaca Al-Qur'an?

Tantangan Tato dan Mualaf
Setelah menerima banyak komentar terkait dengan tato dan Islam dalam postingannya, Sonny Bill Williams membahas masalah ini lebih lanjut melalui video di saluran YouTube.

"Dapat banyak komentar tentang tato dan Islam," tulisnya dalam sebuah tweet lanjutan. "Di video YouTube saya berikutnya, saya akan membahas tato dan Islam untuk saudara-saudara mualaf. Semoga Allah mempermudahnya."

Meskipun pada awalnya tato dianggap haram atau tidak diperbolehkan dalam Islam, tidak ada masalah bagi mualaf baru yang tidak memiliki sarana untuk menghapusnya untuk meninggalkannya. Dalam ajaran Islam yang toleran dan semangat damainya, para mualaf dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan mereka yang unik dan gaya hidup yang berbeda.

Sonny Bill Williams, mantan bintang rugby yang beralih menjadi petinju pada usia 37 tahun, memeluk agama Islam 14 tahun yang lalu ketika bermain untuk Toulon di Prancis. Perubahan ini terjadi setelah periode dalam hidupnya di mana dia mengaku "liar".

Dua tahun lalu, Williams menerbitkan otobiografinya yang berjudul "Sonny Bill Williams: Anda tidak bisa menghentikan matahari bersinar." Dalam buku tersebut, dia menggambarkan bagaimana dia terlibat dalam gaya hidup pesta pora sebagai upaya untuk menyembunyikan pemuda pemalu yang tidak percaya diri yang tiba-tiba mendapatkan ketenaran di dunia rugby.

Perjalanan Sonny Bill Williams sebagai seorang mualaf dan atlet terkenal telah menarik perhatian banyak orang. Dengan berbagi pengalamannya dan mengatasi tantangan yang diSonny Bill hadapi, dia berharap dapat memberikan inspirasi dan pemahaman kepada orang lain tentang pentingnya toleransi dan empati dalam menjalin hubungan antaragama.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan