Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Kabur Tinggalkan Suami Usai Menikah, Buya Yahya: Pentingnya Pendidikan Cinta dalam Islam

Muhajirin Senin, 17 Juli 2023 - 12:00 WIB
Kabur Tinggalkan Suami Usai Menikah, Buya Yahya: Pentingnya Pendidikan Cinta dalam Islam
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof Yahya Zainul Maarif
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan kasus seorang istri bersama mantannya setelah sehari menikah. Kasus tersebut menegaskan pentingnya pendidikan cinta yang telah diatur sedemikian rupa dalam ajaran Islam.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Bahjah, Prof Yahya Zainul Ma'arif, menjelaskan, secara fikih, tidak akan batal pernikahan seorang suami yang ditinggal istrinya usai akad nikah. Pernikahan tersebut akan batal jika suami sudah menyampaikan cerai.

"Kalau bicara hukum fikihnya, sederhana. Perempuannya kalau lari ke manapun setelah akad nikah, tidak akan menjadi batal nikahannya. Kecuali sang suami menceraikannya, atau sang istri mengajukan ke mahkamah lalu mahkamah mencerai," kata Buya Yahya saat menjawab salah satu pertanyaan jamaah dalam kajiannya yang disiarkan secara daring, Senin (17/7/2023).

Baca juga:Doa Jemaah Haji Pulang dari Tanah Suci Makbul hingga 40 Hari

Dia menjelaskan, jika seorang istri pergi meninggalkan suami setelah akad nikah, dan tanpa izin, maka dia durhaka. Berbeda cerita jika suami melakukan kekerasan. Namun, dalam kasus beredar sang suami tidak melakukan kekerasa sama sekali.

"Jadi, larinya seorang stri kalau tanpa sebab ya durhaka. Kecuali suaminya mengancam atau apa," ucap Buya Yahya.

Buya Yahya lantas menjelaskan pentingnya pendidikan cinta bagi umat Islam. Islam telah memberikan mekanisme sempurna untuk menangani emosi manusia bernama cinta tersebut. Itu karena cinta bisa memberikan kebahagiaan kepada seseorang, bisa juga mendatangkan malapetaka.

"Sederhananya, kalau anda salah makan, sakit perut, selesai. Tapi kalau anda salah mencintai orang, tersiksanya sepanjang masa," ujar Buya Yahya.

Baca juga:Erick Thohir Pastikan Seleksi Timnas U-17 Tak Ada Titipan

Oleh karenanya, di dalam Islam diajarkan untuk memilih terlebih dahulu orang yang akan dicintai, sebelum menjatuhkan cinta pada orang yang akan dipilih. Hal tersebut merupakan rambu-rambu dalam Islam agar seorang muslim bisa membangun rumah tangga sakinah mawaddah wa rahmah.

Jika tidak meletakkan cinta di atas bangunan pernikahan, namun justru melakukan pernikahan atas dasar cinta, maka resikonya lebih besar. "Maka diajarkan, kalau nikah itu milih. Karena dia adalah orang yang akan engkau cintai," ucap Buya Yahya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan