Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home edukasi & pesantren detail berita

LINE Forum Tingkatkan Kapasitas Penggerak Pemberdayaan Ekonomi

esti setiyowati Kamis, 27 Juli 2023 - 23:00 WIB
LINE Forum Tingkatkan Kapasitas Penggerak Pemberdayaan Ekonomi
Dompet Dhuafa didukung Departemen Pengembangan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK) Fisipol) Universitas Gadjah Mada menginisiasi Local Leader in Empowerment (LINE) Forum.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dompet Dhuafa didukung Departemen Pengembangan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK), Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol), Universitas Gadjah Mada

Dosen Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Krisdiyatmoko mengatakan, kolaborasi antara praktisi pemberdayaan dan akademisi dapat memberi dampak positif bagi masyarakat.

"Kolaborasi antara praktisi pemberdayaan dan akademisi dapat memperkuat aksi-aksi pemberdayaan di lapangan sehingga dapat memperkuat dampak positif bagi masyarakat,” kata Krisdiyatmoko di Yogyakarta, Kamis (27/7/2023).

Adapun tujuan dari inisiatif ini adalah mendorong dan meningkatkan kapasitas para penggerak program pemberdayaan ekonomi dan wirausaha sosial di seluruh Indonesia, serta membuka ruang kesempatan bagi mereka untuk berkolaborasi dengan jejaring yang lebih luas.

Dekan Fisipol UGM, Wawan Mas'udi menyebut ada tiga kata kunci dari program LINE Forum itu.

"Pertama adalah Filantropi, semangat berbagi untuk sesama. Kedua, bicara tentang entrepreneur. Penumbuhan usaha masyarakat. Lalu, yang ketiga, adalah Kolaborasi," kata Wawan.

Baca juga:Dompet Dhuafa Bangun Hunian Berkonsep Kontainer bagi Penyintas Gempa Turki

Menurutnya, Fisipol UGM menyambut baik ajakan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan manfaat yang kuat bagi masyarakat.

Sebagai informasi, peserta LINE Forum terdiri dari 30 penggerak pemberdayaan masyarakat atau local leaders dari seluruh Indonesia. Mereka berperan sebagai inisiator lokal yang hidup di tengah masyarakat.

Dalam implementasinya, local leader merupakan salah satu faktor yang menunjang keberhasilan program pengentasan kemiskinan.

LINE Forum digagas untuk menguatkan upaya pengentasan kemiskinan yang diinisiasi para local leaders sehingga secara efektif memberikan dampak yang kuat dan berkelanjutan.

"LINE FORUM adalah salah satu strategi Dompet Dhuafa dalam mengembangkan program pemberdayaan, berkolaborasi dengan Local Leader, berorientasi pada dampak yang kuat dan berkelanjutan," urai Direktur Program Dompet Dhuafa, Bambang Suherman, dalam keterangan tertulis.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan