Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Gus Yahya Minta NU Harus Cari Solusi Persoalan Masyarakat

tim langit 7 Sabtu, 29 Juli 2023 - 14:00 WIB
Gus Yahya Minta NU Harus Cari Solusi Persoalan Masyarakat
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf meminta semua lembaga NU tidak melaksanakan program sendirian tetapi perlu menggandeng pihak lain untuk diajak kerja sama.

Pernyataan ini diungkapkan Gus Yahya saat membuka Rapat Kerja Nasional Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) di Hotel Borobudur, Jumat (28/7/2023)

Gus Yahya menegaskan bahwa NU harus bisa mencari solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat. Ia juga meminta semua lembaga NU agar tidak melaksanakan program sendirian tetapi perlu menggandeng pihak lain untuk diajak kerja sama. Menurut Gus Yahya, mandiri dalam berorganisasi bukan berarti semua hal harus dikerjakan sendiri.

“Jangan sampai lembaga terlihat sibuk ke sana ke mari meminta sumbangan. Kesibukan yang terlihat haruslah kesibukan membangun kerja sama yang bermartabat dengan pihak lain untuk mencari solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat,” tegas Gus Yahya dikutip dari NU Online.

Baca juga:Menparekraf Ajak Pelaku Pariwisata Antisipasi Ancaman Perubahan Iklim

Gus Yahya menjelaskan kerja sama dengan pihak lain harus bermartabat. Hal itu sangat dibutuhkan agar program-program yang dicanangkan bisa tereksekusi dengan cepat. Selain bermartabat, kerja sama mesti saling menguntungkan.

Ia memberikan arahan agar sebelum kerja sama, lembaga-lembaga NU perlu memandang semua masalah yang dihadapi masyarakat dengan jernih. Dari masalah-masalah itulah kemudian dicarikan solusi.

“Sehingga program-program yang dicanangkan tidak hanya bagus di atas kertas tapi juga mesti ada hasilnya atau berdampak ke masyarakat,” ucap Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah itu.

Gus Yahya yakin bahwa NU bisa menjalankan program-program yang baik dan menjadi solusi bagi masyarakat. Sebab, NU memiliki instrumen yang lengkap hingga ke bawah. “Syaratnya, identifikasi masalah yang dihadapi masyarakat, carikan solusi riil, dan jalin kerja sama untuk mengatasinya,” kata dia.

Ketua Lembaga Perekonomian PBNU Tyovan Ari Widagdo menyebut bahwa untuk mencari sejumlah persoalan yang dihadapi masyarakat. Ia mencanangkan tiga program yang bakal menjadi pilar pengembangan LPNU untuk terus meningkatkan ekonomi bagi warga NU.

"Tiga pilar itu yakni menyangkut pemberdayaan ekonomi keumatan, pemberdayaan ekonomi perkumpulan, dan pemberdayaan ekonomi pesantren," kata Tyovan.

Sekretaris LP PBNU Farhan Hakim menyebutkan bahwa Rakernas LPNU ini diikuti oleh 180 orang pengurus LP PCNU dan 24 PWNU. Rakernas ini akan berlangsung mulai Kamis (27/7/2023) hingga Sabtu (29/7/2023).



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan