Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Mencicipi Es Selendang Mayang Khas Betawi di Stasiun MRT ASEAN

tim langit 7 Sabtu, 09 September 2023 - 17:00 WIB
Mencicipi Es Selendang Mayang Khas Betawi di Stasiun MRT ASEAN
Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mencicipi es selendang mayang dalam event CelebrASEAN 2023 di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Kamis (7/9/2023).
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kuliner legendaris Selendang Mayang bisa dicicipi di kompleks Stasiun MRT ASEAN, Jakarta. Jajanan yang kini semakin langka khas Betawi itu hadir di event berbasis komunitas "CelebrASEAN” 2023 pada 6-9 September 2023.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menjadi salah seorang yang mencicipi es Selendang Mayang dalam event CelebrASEAN 2023.

Selendang Mayang menarik karena tampilannya berwarna-warni dan di kalangan masyarakat Betawi dianggap minuman kuno. Warnanya yang mencolok dan menarik perhatian serta rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat es ini cocok diminum saat siang hari.

Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mencicipi es selendang mayang dalam event CelebrASEAN 2023 di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Baca juga:7 Jajanan Pasar Khas Jakarta Wajib Dicicipi Selama KTT ASEAN 2023

“Saya sudah beli es Selendang Mayang dan gampang belinya bisa pakai QRIS. Esnya laku dan di sini hampir habis. Ternyata saya baru tahu kalau Selendang Mayang ini, Mayang-nya singkatan dari ‘manis dan kenyang’,” kata Deputi Ni Made Ayu Marthini.

Deputi Ni Made Ayu Marthini yang berasal dari Bali itu mengaku ini baru kali pertama mencicipi es Selendang Mayang yang disebutnya mirip seperti es cendol dilengkapi kue lapis yang terbuat dari tepung sagu aren.

Umumnya kue lapis dalam es Selendang Mayang dipotong berbentuk persegi agak tipis kemudian disajikan dalam mangkuk. Disiram pemanis dari gula merah atau sirup, lalu ditambahkan santan dan potongan es batu.

“Ini baru pertama kali saya coba, ternyata enak dan segar. Tadi ini pakai mutiara dan mayang sendiri yang khas. Dari segi kemasan sudah oke, untuk produk lainnya seperti bir pletok oke dan sudah improve,” katanya.

Lebih lanjut, Made Ayu Marthini menjelaskan kegiatan “CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week” dengan konsep community-based event bertemakan Creative Economy, dapat memperkuat legacy Indonesia, khususnya Jakarta sebagai Capital of ASEAN Creative Economy.

“Kita mengadakan ini di tengah-tengah pelaksanaan KTT ASEAN. Kita ingin menunjukan bahwa masyarakat di semua kalangan juga ingin berpartisipasi dan melakukan selebrasi. Meskipun pertemuannya di JCC, tapi masyarakat Jakarta lalu lalang setiap hari menggunakan transportasi publik dengan MRT, apalagi Pemprov DKI dan Malaysia Tourism Board juga ikut pameran,” katanya.

Ia berharap, pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif dengan adanya kegiatan CElebrASEAN 2023 bisa memiliki wahana untuk berpromosi dan berjualan produk. Misalnya ada Desa Wisata Setu Babakan, Keranggan, dan Saba Baduy.

“Kesempatan ini bisa membuat engagement langsung para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM kepada masyarakat yang menggunakan MRT sebagai moda transportasi sehari-hari, agar mereka bisa berkunjung. Contohnya, tidak semua masyarakat Jakarta pernah ke Desa Wisata Baduy. Padahal untuk menuju Baduy cukup menempuh waktu 3 jam dari Jakarta,” katanya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan