Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Hindari Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur, Ini Bahayanya!

esti setiyowati Jum'at, 15 September 2023 - 22:00 WIB
Hindari Konsumsi Makanan Manis Sebelum Tidur, Ini Bahayanya!
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Siapa yang tak suka mengudap hidangan penutup seperti es krim setelah makan malam? Meski menyenangkan namun kebiasaan ini memiliki risiko bagi kesehatan.

Melansir Live Strong, Jumat (15/9/2023), para dokter dan ahli diet terdaftar membeberkan beberapa bahaya dari mengonsumsi gula atau makanan manis sebelum tidur.

1. Menyebabkan Peradangan
Harvard Health Publishing menyebut mengonsumsi makanan manis seringkali dikaitkan dengan peradangan kronis yang berhubungan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, obesitas, kanker, dan diabetes.

Sementara menurut Michigan Center for TMJ dan Sleep Wellness, peradangan dapat mengakibatkan sleep apnea atau kondisi di mana saluran udara meradang menghalangi pernapasan saat tidur.

“Gula dapat menyebabkan peradangan pada jaringan yang melapisi mulut dan tenggorokan, menyebabkan pembengkakan dan meningkatkan produksi lendir,” kata ahli saraf dan dokter tidur Brandon R. Peters, MD, FAASM.

Hal ini dapat menyebabkan post-nasal menetes dan mempengaruhi pernapasan, menyebabkan mendengkur dan memperburuk apnea tidur.

2. Mempengaruhi Kualitas Tidur
Tak sedikit orang yang menganggap makan makanan manis sebelum tidur dapat menyebabkan hiperaktif atau sulit tidur.

Menurut Peters, gula rafinasi cepat meningkatkan kadar gula darah, sehingga dapat menyebabkan perasaan berenergi dan membuat sulit tidur.

"Makan banyak gula sebelum tidur dapat menyebabkan Anda mendapatkan tidur yang lebih sedikit dan kurang menyegarkan dengan lebih banyak energi," kata Peters.

Meskipun penelitian mengenai mengonsumsi makanan manis sesaat sebelum tidur masih sedikit, namun secara umum, makan terlalu banyak memengaruhi tidur.

Temuan ini berdasarkan penelitian American Journal of Lifestyle Medicine pada Agustus 2019, yang menyebut pola makan tinggi gula berkaitan dengan kualitas dan durasi tidur yang buruk.

Karena itu, bila Anda mengalami kesulitan tidur sebaiknya batasi minuman berkafein pada siang hari. Atau setidaknya enam jam sebelum tidur.

3. Menaikkan berat badan
Mengonsumsi terlalu banyak gula pada malam hari bisa menimbulkan masalah. Salah satunya berat badan bertambah karena saat malam hari Anda hanya melakukan atau tanpa aktivitas fisik.

“Saat kita mengonsumsi gula sebelum tidur, kita tidak memetabolisme gula dengan baik dan menyebabkan peradangan,” kata ahli diet terdaftar Dana Ellis Hunnes PhD, RD.

“Pada malam hari saat kita tidur, kita tidak membakar gula tersebut, sehingga hal ini lebih cenderung menyebabkan penyimpanan lemak dan penambahan berat badan.”

Mengurangi gula tambahan dalam makanan Anda, bahkan dalam jumlah kecil, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan tidur. Karena itu, American Heart Association menganjurkan batasan maksimal konsumsi gula sekitar 6-9 sendok makan per hari.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan