Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

13 Makanan Penurun Kolesterol, Wajib Disantap Pasca Lebaran

esti setiyowati Sabtu, 13 April 2024 - 16:07 WIB
13 Makanan Penurun Kolesterol, Wajib Disantap Pasca Lebaran
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kolesterol tinggi menjadi hal yang lazim terjadi pasca Lebaran. Pasalnya saat hari raya, orang cenderung menyantap semua hidangan yang tersedia mulai dari makanan berat seperti opor ayam, rendang, sambal ati hingga camilan.

Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan kolesterol tinggi setelah hari raya. Kolesterol tinggi identik dengan beberapa masalah kesehatan serius seperti serangan jantung dan stroke.

Karena itu penting untuk menjaga pola makan agar Anda dapat mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. Melansir Healthline, Sabtu (13/4/2024), berikut 13 makanan yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

1. Legum

Legum merupakan jenis makanan nabati yang mencakup kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil. Sebuah studi tahun 2021 mengungkapkan legume dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan menekan risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi dan lainnya.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, dua nutrisi yang membantu menurunkan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi alpukat, seperti dalam salad, guacamole, dan roti panggang.

Baca juga:Libur Lebaran Memberi Dampak Besar pada Pelaku Parekraf

3. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan seperti kenari, almond, kacang mete, pistachios dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, trigliserida, dan kolesterol total.

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Ikan jenis ini juga terbukti dapar meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan LDL, yang dapat menurunkan risiko terkena kondisi tertentu seperti penyakit kardiovaskular, hipertensi, aritmia, dan gagal jantung.

Sementara cara memasak ikan yang paling sehat adalah dengan mengukus atau merebusnya. Hindari untuk menggoreng ikan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Whole grain

Whole grain adalah biji-bijian dari tanaman rumput, seperti jagung, beras dan gandum. Makanan ini selain dapat membantu tubuh menyerap kolesterol jahat juga mampu menurunkan trigliserida.

Artinya, dengan mengonsumsi whole grain secara rutin dapat mencegah risiko penyakit jantung.

Baca juga: 4 Keluarga Artis Pilih Rayakan Idulfitri 1445 H di Tanah Suci Mekkah

6. Buah-buahan

Buah merupakan tambahan yang bagus untuk diet jantung sehat. Banyak jenis buah yang kaya akan serat larut dan membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mendorong tubuh Anda membuang kolesterol dan menghentikan hati Anda memproduksi senyawa ini.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pektin, sejenis serat larut, dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Pektin ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.

Selain itu makanan lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh antara lain:

7. Dark chocolate
8. Bawang putih
9. Kedelai
10. Sayuran
11. Sayuran hijau
12. Teh
13. Minyak zaitun

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan