Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home global news detail berita

Presiden Jerman: Islam dan Budaya Muslim Mengakar di Negara Kami

esti setiyowati Senin, 18 September 2023 - 13:27 WIB
Presiden Jerman: Islam dan Budaya Muslim Mengakar di Negara Kami
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier mengatakan, Islam adalah milik Jerman di tengah meningkatnya rasisme dan Islamofobia.

Meningkatnya Islamofobia dipicu oleh propaganda kelompok dan partai sayap kanan yang mengeksploitasi krisis pengungsi dan berusaha untuk memicu ketakutan terhadap imigran.

“Islam, agama Muslim, kehidupan Muslim, budaya Muslim telah mengakar di negara kami,” kata Steinmeier pada perayaan 50 tahun berdirinya Asosiasi Pusat Kebudayaan Islam (VIKZ) di Cologne.

“Saat ini keberagaman Islam, keberagaman lebih dari 5 juta umat Islam, juga merupakan bagian dari negara kita,” ujarnya, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Senin (18/9/2023).

Steinmeier menekankan bahwa kebebasan beragama juga berarti melindungi hak-hak semua penganutnya.

“Jerman adalah negara yang netral secara ideologi. Namun kebebasan beragama bukan berarti negara kita bebas dari agama. Tidak, itu berarti memberikan ruang bagi agama dan melindungi kebebasan umat beriman, semua umat beriman.” tegas Steinmeier.

Pernyataan Steinmeier muncul setelah adanya laporan baru-baru ini yang mengatakan rasisme dan Islamofobia menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di Jerman.

Menurut laporan organisasi non-pemerintah yang berbasis di Berlin, the Alliance Against Islamophobia and Muslim Hostility, per bulan Juni ada 898 insiden anti-Muslim tercatat di Jerman pada tahun 2022.

Penelitian tersebut menyebutkan rasisme merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari umat Islam di Jerman, dengan kasus terbanyak adalah perempuan.

Di antara kasus-kasus yang terdokumentasi di antaranya,
500 serangan verbal, termasuk pernyataan yang menghasut, penghinaan, ancaman, dan pemaksaan.

Tercatat ada sebelas surat ancaman ke masjid-masjid yang mengancam akan melakukan kekerasan dan pembunuhan yang sering kali berlebihan. Surat-surat tersebut berisi simbol-simbol Nazi atau referensi pada era Nazi.

Laporan tersebut mencatat 190 kasus diskriminasi dan 167 kasus “perilaku merugikan”.

Kategori terakhir mencakup 71 kasus penganiayaan fisik, 44 kasus pengrusakan properti, tiga serangan pembakaran, dan 49 tindakan kekerasan lainnya.

Selain itu, serangan bermotif rasial terhadap generasi muda dan anak-anak semakin meningkat, katanya.

Ada kasus di mana perempuan diserang di hadapan anak-anaknya dan perempuan hamil ditendang atau dipukul di bagian perut.

Penulis penelitian berasumsi bahwa jumlah kasus yang tidak dilaporkan tinggi karena tidak adanya pemberitaan media yang luas.

Laporan situasi pertama mencakup data dari 10 pusat nasihat di lima negara bagian Jerman serta laporan melalui portal "I-Report", statistik kekerasan bermotif politik, serta laporan polisi dan pers.

Laporan tersebut menyebutkan, kejahatan anti-Muslim seringkali tidak diakui atau mereka yang terkena dampak tidak melaporkannya karena kurangnya kepercayaan pada pihak berwenang.

Terkait itu, ada seruan untuk perluasan struktur pelaporan dan peningkatan kesadaran mengenai topik kekerasan pada Muslim oleh pihak berwenang, sekolah, dan sektor kesehatan.

Sebagai negara berpenduduk lebih dari 84 juta jiwa, Jerman memiliki populasi Muslim terbesar kedua di Eropa Barat setelah Prancis. Berdasarkan angka resmi, Jerman adalah rumah bagi lebih dari 5 juta Muslim.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan