Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Orangtua Perlu Diedukasi Teknologi Guna Kontrol Perilaku Anak Akibat Gim

Muhajirin Jum'at, 06 Oktober 2023 - 15:00 WIB
Orangtua Perlu Diedukasi Teknologi Guna Kontrol Perilaku Anak Akibat Gim
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Anggota Komisi X DPR RI, Lisda Hendrajoni, menilai salah satu faktor yang menyebabkan anak melakukan perundungan adalah penggunaan gawai (smartphone).

Menurutnya, saat ini baik media sosial hingga gim online yang ada dapat menjadi faktor seorang anak melakukan perundungan.

Anak kerap mencontoh apa yang ada di dalam media sosial ataupun gim online tersebut. Selain itu, ada pula kesenjangan teknologi. Masih banyak orang tua yang belum melek teknologi. Hal itu membuat orang tua tidak bisa mengontrol penggunaan teknologi pada anak.

"Kita ini kan sekarang ada kesenjangan. Anaknya itu udah lari, begitu lahir itu dia sudah kenal handphone, kenal internet dan lain-lain. Sementara orang tuanya masih banyak orang tua yang tidak paham tentang penggunaan handphone yang lebih canggih segala macam mereka tidak kenal gitu," kata Lisda melalui keterangan pers yang diterima Langit7.id, Jumat (6/10/2023).

Oleh sebab itu, Lisda mendorong perlunya edukasi dan sosialisasi yang masif kepada orang tua dan keluarga-keluarga di Indonesia untuk dapat lebih bijak dalam menggunakan smartphone. Dengan begitu, mereka dapat mengedukasi anak-anak untuk dapat menggunakan teknologi dengan lebih bermanfaat.

"Ini perlu sosialisasi ya secara masif dari menteri-menteri terkait, kemudian dari tokoh-tokoh masyarakat, kemudian kepada perempuan-perempuan. Kepada seluruh lah keluarga Indonesia, dari semua pihak dibikin gerakan untuk sama-sama kita dulu pernah kita sukses di KB ya, seluruh pihak itu benar-benar membuat gerakan tersebut sehingga itu menjadi sukses gitu. Nah itu kita juga harus mensosialisasikan ini, harus bijaksana dalam penggunaan handphone, penggunaan media sosial, itu yang penting," urai Politisi Fraksi Partai NasDem itu.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan