Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home community detail berita

Wakaferse Upaya Universalkan Wakaf, Tak Hanya Sebatas 3M

esti setiyowati Selasa, 17 Oktober 2023 - 19:00 WIB
Wakaferse Upaya Universalkan Wakaf, Tak Hanya Sebatas 3M
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakaf adalah ibadah yang memuat aspek hablumminallah dan habluminannas. Namun, di masa modern in wakaf mengalami penyempitan makna dan tujuan, yang diidentikan dengan 3M yaitu Masjid, Madrasah, dan Makam.

GM Penghimpunan Wakaf Dompet Dhuafa Bobby Manullang, mengatakan, meski sudah popular namun manfaat wakaf belum dikenal.

Sebab itu, lanjutnya, Dompet Dhuafa ingin mengenalkan manfaat lebih dalam lagi tak hanya sebatas makam, madrasah, masjid saja.

"Kami ingin perkenalkan lebih dalam, wakaf bisa dikonversi jadi apapun. Wakaf itu logic, muda cerdas spiritual. Orang yang beruntung adalah dia yang berhenti nafasnya tapi tetap mengalir pahalanya," kata Bobby di gelaran Wakaferse Goes to Car Free Day di Jakarta, Ahad (15/10/2023) lalu.

Baca juga:Kronologi Kecelakaan Kereta di Kulon Progo: KA Argo Anjlok Lalu Diserempet Argo Wilis

Melalui Wakaf Universe atau Wakaferse, Dompet Dhuafa berupaya me-universalkan wakaf kepada khalayak khususnya umat Muslim. Salah satu caranya dengan mendorong ‘inisiatif’ wakaf pada masyarakat seluas-luasnya, terutama wakaf uang.

“Saat ini gerakan kampanye wakaf kami adalah ‘Sehat Untuk Semua’. Melalui wakaf uang dengan Rp10 ribu pun kita hargai itu. Jangan anggap recehan, saat ini anak-anak muda micro-giving. Jika ada 100.000 anak muda berwakaf, mereka sudah bisa bermanfaat mendirikan rumah sakit misalnya,” terang Bobby.

Super Volunteer Dompet Dhuafa, Aiman Ricky, mengaku sejak kecil hanya mengenal wakaf sebatas 3M saja. Kemudian, seiring dewasa dan mengenal Dompet Dhuafa, Aiman mulai mengenali lebih jauh tentang wakaf.

“Tabung Wakaf Dompet Dhuafa sangat beragam, ada wakaf ambulans, rumah sakit, bahkan sekolah. Yang saya suka itu, Dompet Dhuafa menyasar ke semua kalangan dan tidak kaku," jelas Aiman dalam keterangan resmi yang diterima Langit7.id, Selasa (17/10/2023).

Aiman pun berbagi pengalamannya saat mengikuti program Tebar Zakat Fitrah. Ia mengaku terenyuh dengan kondisi penerima manfaat yang ditemuinya.

"Ini membangun kembali kepedulianku sebagai manusia khususnya anak muda untuk bersama melengkapi kebaikan berwakaf,” ungkap Aiman.

Wakaferse sendiri merupakan program ikhtiar dalam mewujudkan aset sosial di seluruh sendi kehidupan masyarakat.

Melalui penggalangan Wakaf Uang, Wakaf melalui Uang, dan instrumen wakaf lainnya, Tabung Wakaf Dompet Dhuafa menjalankan amanah secara produktif, profesional, dan amanah.

Wakaf dapat ditunaikan siapa saja, tidak berbatas umur dan profesi. Dompet Dhuafa telah mengelola beberapa aset wakaf seperti Kawasan Zona Madina di Bogor, terdapat Rumah Sakit RST (Rumah Sehat Terpadu), Masjid Zona Madina, Sekolah SMART Ekselensia, dan lainnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan