Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home wisata halal detail berita

6 Masjid Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Korea Selatan

Muhajirin Selasa, 31 Oktober 2023 - 20:00 WIB
6 Masjid Ini Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Korea Selatan
Korea Selatan telah membangun lebih dari 10 masjid yang tersebar di berbagai tempat mulai dari Seoul, Busan, hingga Gwangju.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Mendapat predikat sebagai salah satu negara wisata paling populer di dunia, destinasi-destinasi di Korea Selatan kian ramah turis muslim. Sehingga, wisatawan muslim yang hendak berkunjung tidak perlu lagi khawatir kesulitan menemukan tempat ibadah di Negeri Ginseng ini.

Pada era modern agama Islam masuk dan tersebar di Korea Selatan melalui kedatangan pasukan Tentara Turki selama terjadi perang Korea 1950-1953. Pada1950 M di bawah perintah PBB, Turki mengirimkan sejumlah besar pasukan untuk membantu Korea Selatan saat perang dengan Korea Utara.

Bersama tentara Turki yang disertai seorang imam bernama Abdul Ghofur Kara Ismail. Benih agama Islam perlahan mulai masuk dan berkembang melalui dakwah pasukan Turki yang menetap di sana.

Mengutip KF Newsletter, Korea Selatan telah membangun lebih dari 10 masjid yang tersebar di berbagai tempat mulai dari Seoul, Busan, hingga Gwangju. Berikut ini enam masjid terbesar yang ada di Korea Selatan:

1. Seoul Central Mosque
Seoul Central Mosque adalah masjid pertama yang dibangun di Korea Selatan pada tahun 1976, dengan dukungan keuangan dari pemerintah Korea Selatan, Arab Saudi, serta negara-negara Islam di Timur Tengah.

Masjid ini terletak di pusat kota Seoul, Itaewon, dan menjadi satu-satunya masjid yang ada di Seoul. Bangunannya memiliki 3 lantai yang mencakup kantor Federasi Muslim Korea di lantai satu, serta aula salat di lantai dua dan tiga, menjadikannya masjid terbesar di Korea Selatan.

2. Al-Fatah Busan Mosque
Busan Mosque merupakan masjid kedua yang dibangun di Korea Selatan pada tahun 1980, dengan dukungan dari Menteri Keuangan Libya.

Masjid ini mengadakan ceramah regular pada hari Minggu dari pukul 11.00 hingga 12.00 siang hari. Masyarakat setempat dapat belajar lebih banyak tentang Islam di Busan Mosque.

3. Masjid Ansan
Masjid ini tidak hanya digunakan untuk salat lima waktu, tetapi juga sering digunakan untuk salat Jumat dan salat Tahajud. Jamaah masjid ini didominasi oleh orang Indonesia, Bangladesh, dan Pakistan yang bekerja di dekat Kawasan Industri Ansan.

4. Jeonju Mosque (Masjid Abu Bakar Al-Siddiq)
Jeonju Mosque atau dikenal juga sebagai Masjid Abu Bakar Al-Siddiq ini didirkan pada tahun 1985 oleh imam besar di Korea Selatan yaitu Dr. Abdul Wahab Zahid. Masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur khas Korea dan Islam. Struktur bangunannya juga mempunyai kemiripan dengan masjid lokal di Indonesia.

5. Masjid Anyang
Sama seperti Masjid Ansan, Masjid Anyang didominasi oleh jamaah yang berasal dari luar Korea Selatan. Lokasinya berada di dekat Universitas Anyang dan cukup strategis bagi para orang Muslim yang ingin mengerjakan salat lima waktu saat waktu istirahat atau setelah pulang kerja.

6. Masjid Gwangju
Masjid Gwangju adalah masjid ketiga yang dibangun di Gwangju, Gyeonggi-do, pada tahun 1981, setahun setelah Al-Fatah Busan Mosque dibangun. Masjid ini dikelola oleh Federasi Muslim Korea dan merupakan satu-satunya masjid yang ada di Gwangju.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan