Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home lifestyle muslim detail berita

Festival 76 Indonesia Adalah Kita Wadah Kreasi dan Hiburan Anak Muda

tim langit 7 Rabu, 01 November 2023 - 22:00 WIB
Festival 76 Indonesia Adalah Kita Wadah Kreasi dan Hiburan Anak Muda
Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) sukses digelar dan dihadiri ribuan anak muda di Sidoarjo
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) sukses digelar di Sidoarjo. Ribuan anak muda tumpah ruah untuk menyaksikan ajang kreativitas kawula muda di Sidoarjo itu.

Festival yang digelar untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 tersebut menjadi wadah kreasi dan hiburan bagi anak muda Sidoarjo.

Acara yang diinisiasi oleh 76 Heppiii Community ini digelar serentak pada tanggal 28 Oktober 2023 di enam kota Jawa Timur dan Jawa Tengah yakni Sidoarjo, Pasuruan, Madiun, Solo, Semarang, dan Purwokerto.

"Acara ini sebagai momentum untuk membangkitkan kembali kebanggaan generasi muda terhadap Indonesia. Generasi muda adalah harapan dan dan masa depan bangsa. Dengan adanya digitalisasi yang pesat membuat mereka semua dengan mudah dapat terhubung satu sama lain. Oleh karena itu melalui Festival 76 IAK 2023 ini kami ingin mendorong generasi muda untuk berkreasi, berkarya, berinovasi, serta berkolaborasi untuk kemajuan Indonesia." ujar koordinator 76 Heppiii Community, Laurensia Intan Permatasari dikutip Rabu (1/11/2023).

Baca juga:Sumpah Pemuda, Festival Indonesia Adalah Kita Digelar di 6 Kota

Acara yang digelar di halaman parkir Transmart Sidoarjo itu menghadirkan berbagai macam komunitas dan kolaborasi anak muda Sidoarjo dan Surabaya. Dengan tagline STOP GENGSI BANYAKIN AKSI, para komunitas itu berkolaborasi dengan menampilkan berbagai aksi, kreasi, skill untuk ikut memeriahkan dan berkompetisi dalam acara tersebut.

Di Sidoarjo acara yang mulai digelar mulai pukul 12.30 WIB itu dimulai dengan rolling thunder komunitas otomotif yang diikuti 15 mobil VW dari Komunitas Volkswagen, 25 motor trail dari komunitas Kracker Sidoarjo, dan 10 vespa dari komunitas Sister Scoot Syndicate.

Dilanjutkan dengan eksebisi dan kompetisi berbagai macam komunitas dari Sidoarjo dan Surabaya, yaitu Beat Box Surabaya, Sidoarjo Skate Board, Tanarata BMX Sidoarjo, Surabaya Skate Board, Stand Up Indo Sidoarjo, Local Band Sidoarjo Super Star Band, dan Street Drum Sidoarjo.

Stage yang digunakan para komunitas untuk perform juga dimural oleh komunitas graffiti, Sidoarjo Graffiti, dengan tema Stop Gengsi Banyakin Aksi.

Dalam festival ini pula melombakan kreasi Mural di media mobil VW Combi dengan tema Indonesia adalah Kita, yang diikuti oleh Komunitas mural / graffiti dari Sidoarjo dan Surabaya yaitu Sidoarjo Graffiti dan Goodjobteam dari Surabaya.

Yogi Firmansyah dari Sidoarjo Grafiti mengaku mengeluarkan segala kemampuan untuk mempercantik VW dengan mural. Bertiga, dia mengangkat tema Burung Cendrawasih dari Papua.

"Burung itu asli Indonesia dan dilindungi karena sangat langka. Sangat eksotis yang menggambarkan keeksotisan Indonesia," tuturnya.

Selain itu, di festival ini juga ada bazar yang melibatkan berbagai tenant UMKM. Ada banyak pelaku UMKM produk lokal Sidoarjo dan Surabaya yang bergabung mulai dari kuliner hingga produk kreatif.

Rangkaian festival diakhiri dengan performance yang sangat memukau dari band asal Sidoarjo Rastamaniez, Arlida Putri penyanyi solo asli Sidoarjo, Tarian Nusantara yang sangat Indah dan memukau, dan ditutup dengan Guest Star Nasional Shaggydog pada malam harinya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan