Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home masjid detail berita

4 Cara Sederhana Meneguhkan Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

tim langit 7 Selasa, 07 November 2023 - 23:58 WIB
4 Cara Sederhana Meneguhkan Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Dalam lafaz syahadat, setiap muslim pasti akan bersaksi bahwa Muhammad adalah seorang nabi dan rasul utusan Allah SAW. Ikrar tersebut tidak boleh hanya sekadar ucapan saja, tapi harus menjadi hakikat dan implementasi dalam kehidupan sehari-hari.

Ustadz Hendra Sofiyansyah saat menyampaikan ceramah di Masjid Istiqlal, Jakarta menjelaskan, setiap manusia akan ditanya terkait kecintaannya kepada Rasulullah SAW saat di alam kubur. Maka itu, kata dia, ada empat cara sederhana untuk meneguhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW.

Empat cara sederhana itu di antaranya:
1. Banyak Baca Buku Sirah Nabawiyah
Jika punya kecukupan harta, maka sangat dianjurkan untuk membeli setidaknya satu buku sirah (sejarah kehidupan) Rasulullah SAW. Jika pun tidak mampu, maka bisa ke perpustakaan untuk membaca buku tentang sejarah Nabi Muhammad SAW.

“Terdapat sangat banyak karya bagus di bidang ini yang berbahasa Indonesia, termasuk yang diterjemahkan dari edisi aslinya yang berbahasa Arab. Misalnya: Nurul Yaqin karya Syekh Muhammad Khudhari dan Ar-Rahiq Al-Makhtum karya Syekh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri. Kedua karya ini sangat populer,” kata Hendra saat menyampaikan tausiah di Masjid Istiqlal, dikutip Selasa (7/11).

2. Dengar Video tentang Sirah Nabawiyah
Anda juga bisa mencari video-video ceramah para ulama, kyai, atau ustadz yang mengisahkan kehidupan Rasulullah SAW. Sangat banyak bertebaran di internet dan media sosial. Carilah narasumber yang dikenal lurus dan terpercaya, sebab kisah-kisah kenabian dikaji dan dituturkan terutama untuk membangun iman.

“Bila sumber kisah semacam itu menyimpang, dikhawatirkan iman kita pun ikut menyimpang,” ujar Hendra.

3. Terbiasa Ikut Majelis Maulid
Anda juga bisa mengikuti majelis-majelis pembacaan maulid semisal karya Syekh al-Barzanji dan Syekh ad-Diba’iy, agar mencari tahu lebih jauh isi kandungan syair-syair indah itu. Tidak berhenti sebatas menikmati alunan nada dan iramanya. Syair-syair Maulid sesungguhnya mengkisahkan kehidupan junjungan Nabi Muhammad SAW.

“Tentu fawaid akan terlimpah setelah kita memahami apa di tuliskan di dalamnya,” ungkapnya.

4. Menceritakan Sirah Nabawiyah kepada Anak
Bagi orang tua, Anda bisa menceritaka kepada anak-anak kita atau membelikan buku-buku yang akan memperkenalkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan begitu, anak-anak tumbuh dengan semangat yang didapat dari sirah Nabawiyah.

“Semoga kedepannya mereka bersaksi tentang kenabiannya dengan sebenarnya, dan kesaksian mereka diterima oleh Allah karena berdasarkan ilmu, bukan sekedar pernyataan tanpa fakta,” ujarnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan