Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 13 Juli 2024
home global news detail berita

Tekanan Finansial Meningkat, Kerugian Israel Akibat Bantai Gaza Capai Miliaran Dolar

Muhajirin Selasa, 14 November 2023 - 12:00 WIB
Tekanan Finansial Meningkat, Kerugian Israel Akibat Bantai Gaza Capai Miliaran Dolar
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pada awal pembantaian yang dilancarkan zionis Israel di Jalur Gaza, otoritas Israel memperkirakan biaya harian mencapai sekitar $260 juta. Namun, perpanjangan perang tanpa adanya solusi akan membuat biaya ini lebih besar dari perkiraan dan akan meningkatkan tekanan pada keuangan publik, menurut laporan Bloomberg Agency.

Perang tersebut menciptakan ketegangan di pasar dan mempengaruhi berbagai sektor dan rencana pembangunan. Ratusan ekonom Israel menyerukan langkah-langkah penghematan. Perkiraan awal Kementerian Keuangan menunjukkan, perang telah menyebabkan kerugian sekitar $8 miliar, yang akan memaksa otoritas Israel untuk meminjam.

Menteri Keuangan Israel Bezalel Smotrich diperkirakan akan mengajukan anggaran baru untuk sisa tahun ini dan tahun depan dalam beberapa hari.

Perkiraan awal Kementerian Keuangan menunjukkan, perang telah menyebabkan kerugian sekitar $8 miliar, yang akan memaksa pemerintah untuk meminjam.

Baca juga:Pilih Bertahan di Gaza, 3 Relawan Indonesia Dibanjiri Doa Keselamatan

Mengingat penurunan peringkat kredit Israel, nilai pinjaman dan obligasi akan meningkat, pada saat data menunjukkan bahwa defisit anggaran memburuk pada Oktober lalu sebanyak tujuh kali lipat dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, menurut Bloomberg.

Kementerian Keuangan Israel mengumumkan rencana untuk meminjam dana dalam jumlah besar pada November ini yang melebihi 75% dari jumlah yang tercatat pada bulan lalu.

Menurut Bloomberg, biaya asuransi obligasi negara Israel terhadap gagal bayar telah meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan situasi sebelum dimulainya perang di Gaza.

Diperkirakan bahwa rencana amandemen anggaran untuk tahun ini akan meningkatkan volume pengeluaran sebesar 35 miliar shekel ($8,8 miliar), yang sebagian besar akan diarahkan untuk upaya perang, sementara sebagian besar pengeluaran ini akan dibiayai oleh utang.

Ekonom Israel Beri Tanda Red Flag
Situasi ekonomi dan langkah-langkah otoritas Israel telah menimbulkan kekhawatiran di antara banyak investor dan analis senior. Pekan lalu, sekitar 300 ekonom terkemuka dari Israel dan luar negeri mengirim surat kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Keuangannya Smotrich, mendesak mereka untuk mengambil langkah-langkah penghematan dan mengurangi pengeluaran.

“Langkah mendasar dan perlu adalah menghentikan pendanaan apa pun yang tidak penting bagi perang,” kata kelompok itu dalam surat yang ditandatangani oleh orang-orang seperti Joshua Angrist (pemenang Hadiah Nobel Ekonomi Israel-Amerika).

Smotrich memperkirakan defisit anggaran umum akan mencapai 4% dari produk bruto tahun ini dan 5% pada 2024. Angka ini mewakili lebih dari dua kali lipat ekspektasi pemerintah sebelumnya, namun masih lebih rendah dari angka 7,1% yang diperkirakan oleh lembaga pemeringkat kredit Moody's.

Hal ini terjadi ketika Departemen Anggaran Kementerian Keuangan menyerukan tindakan yang lebih ketat untuk diambil guna menghadapi peningkatan belanja dan penurunan pendapatan, di tengah peringatan bahwa keputusan keuangan akan diawasi secara ketat oleh lembaga pemeringkat.

Mantan gubernur bank sentral Karnit Flüge dan Jakob Fraenkel memperingatkan bahwa “jika perubahan besar dalam anggaran tidak dilakukan, Israel akan menghadapi risiko keuangan, yang menunjukkan bahwa akibatnya bisa berupa penurunan peringkat kredit.”

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 13 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:55
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan