Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 05 Mei 2024
home wisata halal detail berita

Bali, Bandung dan Jogja Jadi Tujuan Utama Turis Lokal Liburan Akhir Tahun

esti setiyowati Jum'at, 29 Desember 2023 - 20:00 WIB
Bali, Bandung dan Jogja Jadi Tujuan Utama Turis Lokal Liburan Akhir Tahun
Pulau Bali menjadi salah satu tujuan favorit liburan akhir tahun.Foto/Langit7.id
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Bali, Bandung, dan Yogyakarta menjadi tujuan utama wisatawan domestik untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Hal tersebut terungkap dalam laporan tahunan Populix, "End of Year Vacation Plan Report 2023”.

Co Founder and COO Populix Eileen Kamtawijoyo mengatakan, berdasarkan survei Populix, tiga kota tersebut dipilih mayoritas responden.

Antusiasme responden terhadap destinasi dalam negeri masih tinggi dengan Bali (28 persen), Yogyakarta (28 persen), dan Bandung (26 persen) tetap menjadi kota favorit untuk berwisata.

Menurut Eileen, minat wisatawan mengunjungi destinasi wisata lokal berpotensi meningkatkan perekonomian di kota-kota tersebut.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, destinasi domestik masih menempati tujuan utama para wisatawan Indonesia, untuk perjalanan liburan akhir tahun," kata Eileen dalam rilis pers, dikutip Jumat (29/12/2023).

Baca juga:6 Desa Wisata di Indonesia Bisa Jadi Pilihan Libur Akhir Tahun

Karena itu, lanjut Eileen, pemilik usaha lokal juga pemerintah daerah harus mengantisipasi lonjakan wisatawan di akhir tahun, khususnya di tengah meningkatnya kasus COVID-19 beberapa minggu terakhir.

Hasil studi Populix memperlihatkan sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia berencana untuk perjalanan liburan akhir tahun.

Riset tersebut juga menyebut Jepang sebagai destinasi mancanegara favorit turis Indonesia. Di posisi kedua ditempati Singapura (18 persen), dan disusul negara lainnya seperti Korea Selatan (14 persen), Malaysia (11 persen), dan Thailand (10 persen).

Sementara durasi waktu liburan, 48 persen responden akan berlibur selama empat hari hingga seminggu. Sedangkan 31 persen lain berencana melakukan perjalanan yang lebih singkat sekitar satu hingga tiga hari.

Secara rata-rata, responden memiliki anggaran sekitar Rp5 juta untuk berlibur. Hal ini mencerminkan masyarakat Indonesia yang semakin bijak dalam menyusun perencanaan anggaran liburan mereka.

Laporan juga mengungkap bahwa masyarakat Indonesia memiliki kecenderungan untuk menghabiskan momentum akhir tahun dengan saudara, kerabat, atau pasangan.

Riset Populix dilakukan sejak 21-28 November 2023 melalui pendekatan kuantitatif yang dilakukan via survei daring via aplikasi Populix terhadap total 1.058 responden laki-laki dan perempuan berusia 17-55 tahun di Indonesia dengan durasi pengerjaan survei sekitar 15 menit.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 05 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:13
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan