Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden Minta Semua Harus Sekolah

tim langit 7 Rabu, 24 Januari 2024 - 18:00 WIB
Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar, Presiden Minta Semua Harus Sekolah
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang digelar di GOR Mustika Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Kepala Negara menekankan pentingnya pendidikan bagi generasi muda di Indonesia untuk menghadapi tantangan dan persaingan di masa mendatang yang makin sulit.

“Yang namanya sumber daya manusia itu menjadi kunci persaingan antarnegara, persaingan antarindividu dengan individu. Oleh sebab itu, anak-anak kita harus sekolah semuanya,” ujar Presiden.

Guna mewujudkan hal tersebut, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk memberikan bantuan dalam bidang pendidikan. Salah satunya melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang diperuntukkan bagi siswa SD, SMP, SMA-SMK, hingga kuliah.

“Agar anak-anak kita juga yang pintar-pintar kuliah semuanya, setuju? Tidak berpikir masalah biaya tapi karena pemerintah menyediakan, baik dari KIP kuliah maupun dari yang namanya LPDP, baik di dalam negeri maupun sekolah di luar negeri dijamin beasiswanya oleh yang namanya KIP kuliah maupun LPDP,” tambahnya.

Baca juga:Dukung Pengembangan SDM Berakhlak, Bank Jatim Beri Tabungan 39 Siswa Penghafal Al Quran

Presiden pun minta kepada para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak putus sekolah. Selain itu, para orang tua juga harus memanfaatkan bantuan dari pemerintah dengan sebaik-baiknya.

“Bapak Ibu semuanya ikut mengawasi anak-anak kita ini harus belajar, anak-anak kita ini sekolah harus rajin karena persaingan makin berat. Sekali lagi, pemerintah sudah menyediakan ini jadi harus dimanfaatkan sebesar-besarnya,” ucap Presiden.

Presiden tidak ingin anak-anak Indonesia putus sekolah karena keterbatasan biaya. Presiden menegaskan bahwa semua anak Indonesia harus sekolah apapun pekerjaan orang tuanya.

“Saya tidak mau anak-anak kita ada yang tidak sekolah gara-gara orang tuanya tidak mampu membiayai. Semua harus sekolah,” tegasnya.

Presiden juga kembali mengingatkan kepada para orang tua dan pelajar untuk menggunakan bantuan KIP dengan sebaik-baiknya. Bantuan tersebut harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

“Uang dari Kartu Indonesia Pintar ini harus dipakai untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah, untuk beli buku boleh ndak? Untuk beli alat-alat tulis, boleh ndak? Untuk seragam, boleh ndak? Untuk beli pulsa, boleh ndak? Tidak boleh untuk beli pulsa,” pungkas Jokowi.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan