Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home lifestyle muslim detail berita

Tekan Risiko Penyakit Kronis, Ini 6 Minuman yang Bikin Umur Panjang

esti setiyowati Senin, 29 Januari 2024 - 14:00 WIB
Tekan Risiko Penyakit Kronis, Ini 6 Minuman yang Bikin Umur Panjang
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Mempunyai tubuh yang sehat dan umur panjang tentu menjadi impian semua orang. Banyak ahli yang menyarankan untuk memilih makanan penuh nutrisi untuk meningkatkan fungsi tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis, seperti radang sendi, penyakit jantung hingga alzheimer.

Selain makanan dan pola makan yang bisa membuat umur panjang, dokter dan pakar nutrisi menyebutkan beberapa pilihan minuman dengan khasiat sama.

Dilansir Livestrong, ada enam minuman yang dapat membantu seseorang berumur panjang dengan manfaat kesehatan di tahun-tahun mendatang.

Baca juga:Menyelami Siti Aminah Cendrakasih, Artis Senior yang Jadi Google Doodle Hari Ini

1. Teh Hijau

Menurut Harvard TH Chan School of Public Health, kandungan oksidan dalam teh dapat memberikan perlindungan kesehatan dengan menetralisir radikal bebas, yang menyebabkan kerusakan sel juga DNA penyebab peradangan kronis dan penyakit.

National Institute of Health (NIH), mengatakan teh hijau dan senyawanya, termasuk epigallocationchin-3-gallate (EGCG), memiliki efek melindungi terhadap penyakit jantung dan kanker.

“Teh hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai EGCG yang dikaitkan dengan penurunan peradangan dan pencegahan kanker berkat aktivitas antioksidannya,” kata Dr Eric Ascher, dokter di RS Lenox Hill.

“Saya suka minum teh herbal seperti teh kamomil, mint, hijau, hitam, dan kembang sepatu — teh mengandung antioksidan yang dikaitkan dengan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan meningkatkan risiko kanker,” kata Patricia Kolesa, RDN.

2. Kopi

Selain memiliki efek samping yang tidak mengenakkan, ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan termasuk umur panjang.

Secara khusus, kopi mengandung polifenol, antioksidan, dan senyawa lain yang terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Menurut penelitian di European Society of Cardiology, minum kopi terbukti memiliki hubungan terbalik dengan semua penyebab kematian. Artinya, semakin banyak kopi yang diminum seseorang selama penelitian, semakin rendah risiko kematian akibat sebab apa pun.

Riset European Journal of Preventive Cardiology, membuktikan minum tiga cangkir kopi per hari dapat memberikan manfaat kesehatan jantung.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, minum kopi dalam jumlah sedang (sekitar 3 cangkir per hari) risikonya lebih rendah mengalami kematian akibat komplikasi jantung.

Tetapi, Dr Ascher menekankan untuk tetap berhati-hati dengan tambahan gula, krim, dan perasa saat minum kopi.

3. Jus buah prune

Kesehatan usus merupakan kunci untuk menjalani hidup sehat jangka panjang. Ahli diet Nabati, Amy Gorin mengatakan jus prune atau plum dapat membantu memperpanjang usia.

“Segelas jus plum memberi Anda dosis serat yang sehat. Serat sangat penting untuk umur panjang, karena membantu Anda menjaga kesehatan usus dengan meningkatkan konsistensi dan frekuensi buang air besar,” kata Gorin.

Hal senada juga dicatat Mayo Clinic yang menyebut serat berperan penting untuk umur lebih panjang karena dapat menekan risiko seperti penyakit jantung dan diabetes.

4. Air putih

Meski ada banyak obat mujarab yang ampuh untuk penuaan yang sehat dan umur panjang, kita tidak bisa mengabaikan pentingnya air putih.

“Air membantu kita mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh melalui urin, buang air besar, dan berkeringat. Air membantu hampir semua organ kita berfungsi dengan baik,” kata Dr Ascher.

"Jika Anda tidak menyukai rasanya, pertimbangkan untuk menambahkan perasa seperti jus lemon atau buah segar,".

5. Air kaldu tulang

Kaldu tulang baru-baru ini semakin populer, karena kaya akan elektrolit, protein, dan nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Harvard Health Publishing melaporkan, kecukupan protein adalah salah satu cara penting untuk menjaga massa otot seiring bertambahnya usia.

Mikrobioma usus yang beragam dan sehat dikaitkan dengan penuaan yang sehat dan umur panjang. Kaldu tulang mengandung kolagen, glutamin, gelatin, dan glisin, yang semuanya dapat mendukung kesehatan dan penyembuhan usus.

6. Jus bit

Jus bit kaya akan oksida nitrat, senyawa yang dikaitkan dengan penurunan tekanan darah tinggi dan meningkatkan sirkulasi.

“Jus bit adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan kaya akan vitamin dan mineral yang menurunkan faktor risiko penyakit jantung,” kata Dr. Ascher.

Hal tersebut dibuktikan lewat penelitian dari The Journal of Gerontology Biological Sciences and Medical Sciences?, yang menyebutkan, lansia yang aktif berolahraga dan minum jus akar bit menunjukkan peningkatan kinerja olahraga dan lebih banyak aliran darah ke otak sehingga membuat mereka sebanding dengan otak yang lebih muda.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan