Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home lifestyle muslim detail berita

Jelang Ramadhan, Simak Tips Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Suci

tim langit 7 Rabu, 31 Januari 2024 - 14:30 WIB
Jelang Ramadhan, Simak Tips Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Suci
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Di bulan suci, menunggu waktu berbuka puasa mungkin terasa seperti waktu yang sangat lama. Namun, faktanya adalah bahwa itu memiliki kemampuan untuk memperbaiki kondisi tubuh Anda dan menjaga kesehatan Anda.

Menurut moroccoworldnews.com, orang percaya bahwa berpuasa selama bulan suci membantu membersihkan tubuh, pikiran, dan jiwa mereka.

Agar detoksifikasi berjalan dengan baik, umat muslim harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah mendapatkan nutrisi yang cukup saat sahur dan berbuka puasa.

Seperti yang diketahui, sahur berfungsi sebagai sumber energi awal bagi orang Muslim untuk menjalankan puasanya dan mempertahankan energi mereka sepanjang hari.

Umat muslim dapat memilih untuk makan sahur dengan karbohidrat kompleks seperti biji-bijian dan oat atau memadukan mereka dengan makanan tinggi protein seperti telur atau yogurt.

Baca juga:Tekan Risiko Penyakit Kronis, Ini 6 Minuman yang Bikin Umur Panjang

Untuk menghindari kekurangan air putih selama puasa, orang muslim disarankan untuk banyak meminum air putih saat sahur.

Muslim disarankan untuk mengembalikan nutrisi mereka dengan tidak makan terlalu banyak saat matahari terbenam atau pada waktu berbuka puasa; mereka harus mulai dengan kurma dan air putih.

Setelah itu, umat muslim dapat terus makan buka puasa mereka sesuai porsi dan tidak terlalu banyak, yang termasuk sayuran, lemak sehat, dan daging tanpa lemak.

Selain memperoleh nutrisi yang cukup selama berpuasa, menjaga badan tetap bugar juga dibutuhkan agar tubuh tetap sehat. Hal yang bisa dilakukan adalah berolahraga ringan hingga sedang untuk membantu meningkatkan vitalitas dan meningkatkan mood.

Pertimbangkan untuk melakukan olahraga yang berdampak rendah seperti yoga, berenang, atau jalan cepat pada saat waktu tidak berpuasa agar tetap mendapatkan manfaatnya tanpa menguras banyak energi.

Pelatih kebugaran Muslim Faisal Abdalla tetap berpuasa selama bulan Ramadhan sambil melanjutkan rutinitas latihannya yang ketat.

Dalam wawancaranya dengan Business Insider, dia menekankan pentingnya memasukkan banyak protein ke dalam dietnya dan memperpanjang waktu istirahatnya untuk berolahraga.

Namun, ia menekankan betapa pentingnya untuk tetap konsisten dalam latihannya, dan ia berusaha untuk menjaganya senormal mungkin meskipun ada masalah yang menghalanginya untuk berpuasa selama bulan suci.

Selain kesehatan fisik, memprioritaskan kesehatan mental dan emosional sama pentingnya selama berpuasa. Umat muslim bisa mencoba untuk memanfaatkan waktu ini untuk berkonsentrasi pada introspeksi, doa, dan meditasi, jika Anda ingin mendapatkan ketenangan batin dan kemajuan spiritual.

Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malam karena pola tidur yang teratur sangat penting untuk pemulihan.

Hal lainnya yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan kecil yang membuat Anda senang. Suguhan ini sangat penting, apakah itu berbelanja atau pesta Netflix di akhir pekan.

Selama bulan Ramadhan, penting untuk mempertahankan rutinitas perawatan diri; Anda dapat melakukannya dengan berjalan-jalan di pasar sekitar atau memanjakan diri di spa.

Ramadhan "terasa" berbeda dalam hal prioritas kesehatan dan kesejahteraan. Anda tidak hanya dapat bertahan dan berkembang selama bulan suci ini jika tubuh Anda diberikan nutrisi sehat, berolahraga secukupnya, dan merawat jiwa melalui introspeksi dan perawatan diri.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan