Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 24 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

7 Cara Ubah Diri Jadi Pribadi Lebih Baik saat Ramadhan

esti setiyowati Selasa, 20 Februari 2024 - 16:30 WIB
7 Cara Ubah Diri Jadi Pribadi Lebih Baik saat Ramadhan
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ramadhan 1445 H diperkirakan akan jatuh pada 11 Maret 2024. Namun, dalam menetapkan awal Ramadhan, umat Islam di Indonesia menunggu hasil sidang isbat yang baru akan digelar pada 10 Maret 2024.

Ramadhan merupakan bulan mulia yang sarat akan keberkahan namun juga penuh tantangan. Rasulullah SAW bersabda,

“Ketika bulan Ramadhan dimulai, pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup dan setan dirantai” (Sahih Al-Bukhari).

Bagi generasi muda, Ramadhan adalah bulan penuh tantangan dan cobaan. Karena ibadah puasa dikerjakan berbarengan dengan aktivitas harian. Sehingga menempatkannya dalam posisi yang menarik, yaitu berada pada titik dalam hidup di mana terdapat pertarungan sengit antara nafsu dan kebiasaan baik yang ingin dibangun.

Momen di mana iblis dikurung dan kita dapat benar-benar mendiagnosis dosa-dosa, umat Islam harus berusaha membangun kebiasaan-kebiasaan baik sebagai pengembangan diri di bulan Ramadhan.

Baca juga:Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 10 Maret 2024

Mengutip laman About Islam, Selasa (20/2/2024), berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat Ramadhan:

1. Niat

Seseorang yang mengharapkan pahala, maka ia harus berniat melakukan perbuatan yang mendatangkan keridhaan Allah Ta'ala.

Tanamkan niat itu ketika Anda sedang berpuasa, shalat, membaca Al-Qur'an, berbagi dengan orang lain dan sebagainya, demi Allah dan ridha-Nya.

2. Sahur

Nikmati waktu sahur bersama keluarga dan jadikan momen ini sebagai tradisi untuk berkumpul. Pastikan Anda makan dan minum saat sahur.

Nabi SAW bersabda, “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur terdapat keberkahan.” (Sahih Bukhari).

Nah, bila Anda termasuk orang yang sulit bangun dari tempat tidur, siasati dengan menyiapkan sebotol air di samping dipan dan setel alarm.

3. Ganti musik dengan murrotal atau tausiyah

Bila sebelumnya Anda kerap mendengarkan musik, saat Ramadhan sebaiknya ganti kebiasaan itu dengan mendengarkan murrotal atau tausiyah ringan dalam bentuk podcast.

Selain dapat mengisi waktu, obrolan bersama ulama dapat menambah pengetahuan Anda akan Islam.

4. Sedekah

Nabi SAW digambarkan sangat dermawan saat Ramadhan. Keyakinan utama dalam keimanan kita adalah saat memberi maka Allah akan mengembalikannya lebih banyak. Namun, tentu saja bersedekah dengan berharap ridha Allah SWT.

5. Perbanyak amalan sunnah

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Karena itu kejarlah dengan memperbanyak ibadah sunnah seperti shalat sunnah, berdoa, tersenyum, menyajikan buka puasa untuk orang lain, bersiwak, silaturahmi, memperbanyak dzikir dan berusaha menjadi lebih baik lagi.

6. Baca Al-Qur'an

Bila Anda mampu dan kerap membaca Al-Qur'an, alhamdulillah itu merupakah berkah dari Allah. Namun masih banyak dari kita yang kesulitan untuk membaca kalam Ilahi.

Ada banyak cara untuk lebih dekat dengan Al-Qur'an yaitu dengan mendengarkannya saat berkendara, mengunduh aplikasi di ponsel dan dengarkan sebelum tidur.

7. Bersantai sambil berbuka puasa

Saat berbuka, hidrasi tubuh dengan baik. Hindari makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Atur kecepatan saat makan hingga kenyang. Kemudian dirikan shalat Maghrib, Isya dan tarawih.

Bila setelah itu Anda masih merasa lapar, maka makanlah secukupnya. Hanya saja tetap perhatikan makanan yang sehat bagi tubuh Anda.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 24 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:52
Isya
19:02
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan