Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 02 Mei 2024
home global news detail berita

Tinjau Taylor Preston Limited, Wapres Pastikan Daging Sapi Wellington Halal

nabil Jum'at, 01 Maret 2024 - 15:00 WIB
Tinjau Taylor Preston Limited, Wapres Pastikan Daging Sapi Wellington Halal
Wapres K.H. Maruf Amin meninjau proses penyembelihan sapi di Taylor Preston Limited, Ngauranga Gorge, Wellington, Selandia Baru.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin telah melakukan peninjauan proses penyembelihan sapi di Taylor Preston Limited, Ngauranga Gorge, Wellington, Selandia Baru. Hal ini dilakukan untuk memastikan kehalalan daging Wellington yang akan diekspor ke Indonesia.

Ma'ruf Amin mengatakan, salah satu komoditas perdagangan terbesar dari Selandia Baru ke Indonesia adalah daging sapi. Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, Indonesia mensyaratkan sertifikasi halal bagi produk daging sapi dari Selandia Baru. Kehalalan tersebut mencakup kehalalan sejak proses penyembelihan hingga pengemasan.

Baca juga:Mau Wisata Spiritual Sekaligus Kuliner? Pergi Saja ke Grandwisata

"Saya baru melihat ini, melihat sapi dan daging halal di perusahaan Taylor Preston, yang salah satu produknya di ekspor ke Indonesia," ungkap Wapres dalam keterangan resmi yang dikutip Jumat (1/3/2024).

"Kami melihat pertama, bahwa [daging] itu memperoleh pengakuan halal dari beberapa lembaga halal di New Zealand (Selandia Baru) yang memperoleh endorsement dari [sertifikasi] halal Indonesia," lanjutnya.



Wapres menambahkan, proses penjagalan dilakukan setelah sapi berkurang kesadarannya, kemudian disembelih manual oleh penjagal, selayaknya proses sembelih yang sesuai syariat Islam. Selanjutnya, sapi akan dikuliti dan dipotong-potong dengan bantuan mesin.

"Mereka melakukan pemingsanan melalui penyetruman di dagu, tidak di jidat tapi di dagu. Informasinya memang tidak sampai mematikan, hanya memingsankankan saja dan kalau dipotong dalam tempo beberapa menit selesai secara otomatis mekanik cepat sekali," terangnya.

Sebagai informasi, daging sapi Wellington paling banyak di ekspor ke China dan Amerika, sementara Indonesia hanya kedapatan sebesar 450 sampai 600 ekor setiap harinya.

"Ke Indonesia ada dari sini, dari Australia, dan ada juga Brasil. Di sini belum begitu besar, karena yang sebagian besar itu ke China dan AS melayaninya. Tapi cukup besar sekitar 16 persen," ungkapnya.

Kendati proses halal dalam penyembelihan sapi di Selandia Baru sudah dipastikan, Wapres menegaskan bahwa Indonesia tetap berupaya agar pemenuhan komiditas daging dapat dipenuhi dari dalam negeri, tidak semata mengandalkan impor dari negara lain.

"Kita harapkan ke depan kita kurangi impor daging sapi. Kita kan punya wilayah-wilayah yang cukup besar di Sulawesi, Kalimantan, di NTT (Nusa Tenggara Timur), ada padang-padang rumput yang luas," tambahnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 02 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan